Category Archives: Bisnis Muslimah

Kunci Sukses Bisnis Khadijah

Khadijah binti Khuwalid, Ummul Mukminin, merupakan sosok wanita pengusaha sukses di Mekah. Bisnis trading perdagangannya berkembang pesat dan mendatangkan keuntungan sangat besar.

Kiat sukses bisnis ibunda Khadijah dipaparkan dalam Talkshow “Kisah Kesuksesan Khadijah, Dulu dan Kini” oleh Salimah Jatim dan Surabaya Continue reading

PD-SALIMAH-WONO-SOBO

Muslimah dan Pemberdayaan Ekonomi keluarga

Semangat para ibu rumah tangga di Desa Grugu, Kaliwiro, Wonosobo patut dicontoh. Tak mau hanya berpangku tangan dirumah menunggu suami bekerja ataupun asik menonton TV, 20 orang ibu rumah tangga di dampingi dua orang anggota PD Salimah Wonosobo rutin berlatih  mengembangkan keterampilan sulam pita setiap hari senin.

“Kini ibu-ibu sudah pintar dan mulai menerima order pesanan jilbab bersulam pita, hasilnya lumayan juga untuk membantu ekonomi keluarga,” ujar Puji Narimawati, Humas PD Salimah Wonosobo (12/4/2012). Sebuah langkah kecil  yang patut untuk  contoh , semoga memberi kebaikan dan keberkahan bagi keluarga dan masyarakat.

Oleh : Iin Indarwati

Peran Ekonomi Dalam Dakwah Nabi Muhammad

Dalam mendorong ummatnya bekerja dan berusaha, Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wa Sallam menekankan pentingnya berwirausaha. Beliau bersabda,

“Tiada seseorang yang makan makanan yang lebih baik, kecuali dari hasil usahanya sendiri. Dan Nabiyullah Dawud juga makan dari hasil tangannya sendiri”. (HR. Bukhari)

Suatu ketika seorang budak perempuan masuk menemui Muhammad bin Hasan Asy Syaibani seorang sahabat Imam Abu Hanifah. Dia berkata, “Tuanku, bahan makanan telah habis”. As Syaibani berkata, ‘”Semoga Allah membinasakanmu. Kau telah menghilangkan empatpuluh masalah dari kepalaku”.

Kisah di atas menggambarkan betapa beratnya problematika ekonomi dalam hidup manusia . Kesengsaraan dan kemiskinan seringkali membuat pemikiran dan akal sehat manusia kocar kacir. Banyak orang yang lemah iman terjerumus ke lembah nista karena faktor ekonomi…bahkan kemiskinan menyeret sebagian besar mereka  pada kekufuran. Kejahatan dan kemaksiatan yang saat ini  merajalela pada umumnya disebabkan karena faktor ekonomi. Karena itu terdapat korelasi yang sangat kuat antara dakwah dan ekonomi….. Masyarakat yang lapar akan sulit menerima dakwah, dan dakwah akan sulit terselenggara tanpa kekuatan ekonomi.

Di antara kekuatan penunjang dakwah adalah   dukungan dana (da’mul maali). Sirah kehidupan Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wa Sallam sebagai penghulu dakwah telah menunjukkan peran besar ekonomi dalam dakwah. Nabi diangkat sebagai Rasul yang  menerima wahyu  dan mengajarkannya kepada masyarakat dalam usia 40 tahun. Dalam usia ini Nabi adalah seorang pedagang yang sukses, beliau telah mengembangkan perusahaan milik isteri beliau, Khadijah RA. Di masa remajanya beliau pernah ikut kafilah dagang sampai ke Syam. Setelah dewasa beliau menjalankan perdagangannya sampai ke Bahrain, Yaman, Jorasy, dan Habasyah. Nabi merupakan pedagang profesional yang sangat mengenal kota-kota di negeri yang beliau kunjungi. Continue reading