Category Archives: Salimah News

BBM NAIK, DUKA IBU INDONESIA

Jakarta. Pemerintah kembali menaikan harga BBM. Kenaikan harga bahan bakar minyak selalu membawa dampak yang luas bagi perekenomian masyarakat umum, baik dari segi makro maupun mikro. Kenaikan BBM berimbas pada kenaikan tarif angkutan umum, tarif dasar listrik, dan kenaikan harga gas elpiji, juga turut menambah beratnya beban perekonomian, apalagi pendapatan mereka tidak bertambah. Akibatnya daya beli masyarakat semakin menurun, hal ini terlihat dari berkurangnya jumlah konsumsi keluarga perhari.

Banyak pihak yang menyayangkan kenaikan BBM terutama dari kalangan ibu rumah tangga yang berasal dari keluarga dengan pendapatan minim merasakan dampak langsung kenaikan BBM.

“Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (PP Salimah) sebagai ormas perempuan turut merasakan keluh kesah kaum ibu di seluruh tanah air merasa prihatin atas kenaikan BBM yang menyebabkan kondisi ekonomi keluarga Indonesia semakin terpuruk.” ungkap Siti Faizah, ketua PP Salimah dalam rangkaian kunjungannya sebulan terakhir ini ke Propinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Banten. Continue reading

SALIMAH DI TENGAH PERGERAKAN KAUM PEREMPUAN DI INDONESIA

serah-jabatanSalimah hadir berbekal pengalaman para pendiri dan pengurusnya yang cinta akan perjuangan demi memberi solusi atas permasalahan umat. Jauh sebelum Salimah hadir di tengah masyarakat Indonesia, telah lahir pergerakan perempuan yang mayoritas dilatarbelakangi oleh tuntutan kondisi dan situasi yang telah menjadi sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Penjajahan atas negara dan bangsa Indonesia dalam kurun 350 tahun, telah melahirkan semangat pantang mundur, rela mengorbankan harta dan nyawa demi mempertahankan tanah air serta melawan diskriminasi terhadap perempuan dan pembodohan generasi bangsa.
Sejarah telah mencatat begitu banyak nama pejuang perempuan, diantaranya Laksamana Malahayati asal Aceh yang telah memimpin 2.000 orang pasukan Inong Bale (janda-janda pahlawan yang tewas) berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tahun 1599. Masih dari Aceh, sejarah memperkenalkan nama pejuang perempuan di zaman penjajahan Hindia Belanda, seperti Cut Meutia dan Cut Nyak Dien. Dari Bumi Jawa telah dikenal nama Raden Ayu Ageng Serang, bahkan dunia pendidikan telah menorehkan nama baik Raden Ajeng Kartini, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said dan tokoh lainnya. Continue reading

Pelantikan Pengurus Pimpinan Pusat dan Anggota Dewan Pertimbangan Persaudaraan Muslimah (PP Muslimah) Periode 2015 – 2020

pelantikan 6Setelah berlangsungnya Muktamar IV Salimah di Hotel Bumi Wiyata Depok, pada tanggal 6-8 Maret 2015 dan menetapkan Dra. Siti Faizah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Persaudaraan Salimah periode 2015-2020 menggantikan Nurul Hidayati S.S MBA , agenda selanjutnya melantik Anggota Pengurus PP Salimah dan ditetapkan pula Dewan pertimbangan Salimah. Continue reading

Salimah Center

 

SC4

Pengguntingan Pita oleh Eyang Farida , anggota dewan penasehat PP Salimah.

Salimah menghadirkan Salimah Center , Tempat dimana kegiatan-kegiatan Salimah dapat hadir lebih intensif dan mudah diakses oleh masyarakat. Salimah Center hadir sebagai bentuk kesungguhan dalam mewujudkan visi dan missi Salimah berkiprah di tengah masyarakat. Sebagai rumah yang nyaman dan akrab serta inklusif bagi perempuan Indonesia dalam memajukan kualitas diri, keluarga dan anak-anaknya. Continue reading

Berita Muktamar IV Salimah 2015

muktamar-6

Foto bersama Ketua PW Salimah se Indonesia

Muktamar IV Salimah yang terselenggara di Hotel Bumi Wiyata Depok sejak tanggal 6 hingga 8 Maret, secara resmi dibuka oleh Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof.Dr.Yohana Suzana Yambize.

Adapun tokoh-tokoh yang menghadiri acara pembukaan tersebut adalah Ibu Netty Prasetyani ketua tim Penggerak PKK Jawa Barat, Ibu Faoniyah ketua tim Penggerak PKK Maluku Utara, Bapak Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail, Ketua umum KOWANI Ibu Giwo, Presidium BMOIWI, BNN, direktur IWWASH Ibu Erna Sinaga, dan para mitra organisasi lainnya. Continue reading

Terpilih Ketua Umum PP Salimah 2015-2020, Siti Faizah ajak gandeng tangan membangun bangsa.

Dra. Siti Faizah, Ketua Umum PP Salimah Periode 2015-2020

Dra. Siti Faizah, Ketua Umum PP Salimah Periode 2015-2020

Dra. Siti Faizah ditetapkan sebagai Ketua Umum PP Persaudaraan Muslimah (Salimah) periode 2015-2020, menggantikan ketua umum sebelumnya, Nurul Hidayati S.S MBA  dalam forum Muktamar IV Salimah  di Hotel Bumi Wiyata Depok, 6-8 Maret 2015.

Agenda Muktamar Salimah yang di gelar setiap lima tahun, salah satunya adalah menetapkan Pimpinan Umum PP Salimah.

Siti Faizah bukanlah orang baru di PP Salimah. Sebelumnya wanita yang lahir di Bangkalan, 28 Juli 1969, sudah menjadi pengurus PP Salimah. Ibu lima anak ini pernah menjadi Sekretaris Umum PP Salimah 2005-2010 dan Ketua Bidang Pengembangan Organisasi PP Salimah 2010-2015.

Dalam pidato perdananya sebagai ketua umum terpilih, Siti Faizah mengajak seluruh pengurus, baik pusat maupun daerah, untuk saling bekerja sama ikut membangun bangsa.

“Ini adalah takdir Allah SWT agar lebih produktif dalam beramal sholeh. Mari bergandeng tangan saling mengokohkan dan bekerjasama dalam membangun bangsa ini bersama seluruh jajaran pengurus Salimah yang ada di pusat, propinsi, kota, dan kabupaten hingga kelurahan,” katanya.

Pemotongan Tumpeng di Milad Salimah ke-15 (8/3/2015) berlangsung di Muktamar IV Salimah

Pemotongan Tumpeng di Milad Salimah ke-15 (8/3/2015) berlangsung di Muktamar IV Salimah. Siti Faizah paling kiri.

Tak lupa, Faizah meminta doa agar senantiasa berkomitmen dalam beramal sholeh dan menggulirkan program-program yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga, dan anak Indonesia. Muktamar ini sendiri berlangsung semarak dan hikmat, diikuti utusan dari 33 provinsi seluruh Indonesia dan utusan Pimpinan Daerah Salimah.

Semaraknya kegiatan ditandai dengan hadirnya tokoh-tokoh nasional dan daerah. Tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Suzana Yembise, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Netty Prasetyani, dan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan berbagai organisasi wanita yang tergabung dalam organisasi federasi. Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo dan para pengurus Pusat Kowani, Presidium Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI), Wanita Islam, Aisyiyah, dan ormas perempuan lainnya. (muj/kl)

Sumber depoknews.com

Pembukaan Muktamar IV Salimah

muktamar-2Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Suzana Yembise membuka acara muktamar ke-4 organisasi Persaudaraan Salimah (Salimah).

Dalam sambutannya, Yohana menyambut baik diadakannya muktamar Salimah ini. Menurutnya, pemerintah perlu bekerjasama dengan Salimah untuk membangun Indonesia lebih baik.

Khususnya untuk pembangunan dan pemberdayaan perempuan dan anak. Ini dikarenakan,  sekitar 80 persen penduduk indonesia adalah perempuan dan anak.

Ia melanjutkan, pemerintah telah berupaya untuk memenuhi peningkatan kualitas sumber daya perempuan dan anak melalui penyusunan kebijakan dan peraturan perundang-undangan.

“Salimah yang kuat dan tangguh. Saya merasa akan membangun mitra kerja yang kuat ke depan. Untuk berjalan bersama ke depan membangun indonesia. Pembangunan akan berhasil apabila perempuan nya sejahtera,” ujar Yohana dalam sambutannya, Jumat (6/3).

muktamar-1Pembukaan muktamar ditandai dengan pemukulan gong oleh menteri Yohana. Pembukaan muktamar ini juga dihadiri oleh ketua tim penggerak PKK Jawa Barat , Netty Prasetiyani Heryawan. Continue reading