Home

Kawasan Rumah Pangan Lestari Salimah

Kawasan Rumah Pangan Lestari Salimah

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) merupakan salah satu program unggulan Salimah di tahun 2012. MKRPL adalah program kegiatan untuk mengikut sertakan masyarakat kembali bertanam di halaman rumah menciptakan kawasan hijau produktif di lingkungannya. Pelaksanaan MKRPL kerjasama Salimah dengan Balitbang Kementan RI sudah berjalan hampir satu tahun kerja dan hasilnya kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Masyarakat kini bisa menikmati lingkungan hijau dan asri  dan juga menikmati hasil panen sayur dan buah untuk konsumsi keluarga.

Hasil kerja MKRPL Salimah di 11 provinsi Indonesia telah di evaluasi oleh Balitbang Kementan RI dengan penilaian sangat memuaskan, dan tim evaluator memberi apresiasi luar biasa kepada Salimah. Ada 11 titik wilayah di Indonesia yang menjadi garapan Salimah yaitu, PW Jakarta, PW DIY Jogjakarta, PW Jateng, PW Jatim, PW Gorontalo, PW Maluku, PW Kalimantan Tengah, PW Bali, PW Lampung, PW Jabar, PW Banten. 11 Motivator Salimah hadir mempresentasikan hasil kerja MKRPL di wilayah kerjanya pada Workshop Evaluasi “Percepatan Diseminasi Tehnologi Pertanian Melalui Pemberdayaan Kelompok ” Salimah dengan Balitbang Kementan RI di Puri Arvia, Jawa Barat (4-6 Des 2012).

“Semangat dan kerja ibu-ibu Salimah melaksanakan MKRPL dengan kerja ikhlas dan  tak hanya memikirkan anggaran biaya sangat menginspirasi kami. Kami memberikan apresiasi luar biasa pada hasil kerja ibu-ibu Salimah dan program ini perlu dilanjutkan untuk kabupaten-kabupaten yang belum tersentuh MKRPL. Kami bangga bisa bekerja sama dengan Salimah “, ujar Ir.RM.V.Rino Hermawanto, M.S pada penutupan workshop .

Ketua umum PP Salimah Nurul Hidayati dalam sambutannya juga mengapresiasikan hasil kerja Salimah dan Baltbang, ” Keberadaan kerja sama MKRPL dirasakan sangat bermanfaat Salimah dan bagi kami ini adalah anugrah. Dengan MKRPL kami bisa memberikan sesuatu pada masyarakat, Ini sangat membahagiakan hati kami. Kerjasama MKRPL dengan Balitbang adalah bersifat stimulan untuk mendorong masyarakat kembali gemar bertanam dan menjadikan lahannya produktif, Salimah berharap hal ini dapat menjadi budaya masyarakat. Salimah tidak bergantung hanya kepada satu program. Kami akan terus mengembangkan kreativitas program untuk digulirkan ke masyarakat. Salimah akan bekerjasama dengan berbagai pihak. Karena kami percaya pohon yang besar berasal dari pohon kecil, semoga kami bisa menjaga proses-proses pertumbuhannya, karena tugas kami hanya menjaga proses dengan kesabaran dan Allah Tuhan semesta alam yang membesarkan pohon-pohon di muka bumi”, ujar Nurul Hidayati.

Selamat untuk Salimah , teruslah berperan untuk kemajuan bangsa  dan semoga  keberadaanya semakin dirasakan manfaatnya  oleh masyarakat.

Copyright © 2009 - 2014 Salimah | Developed by Ibrahim Vatih