Home

Kunci Sukses Bisnis Khadijah

Khadijah binti Khuwalid, Ummul Mukminin, merupakan sosok wanita pengusaha sukses di Mekah. Bisnis trading perdagangannya berkembang pesat dan mendatangkan keuntungan sangat besar.

Kiat sukses bisnis ibunda Khadijah dipaparkan dalam Talkshow “Kisah Kesuksesan Khadijah, Dulu dan Kini” oleh Salimah Jatim dan Surabaya di JX International Surabaya (5/9) dalam rangkaian acara Surabaya Islmaic Book Fair 2012.Menghadirkan Dr. Nur Aida Rachmawati (ketua PW SALIMAH JATIM) dan drg. Kurnia Ayu Lestari (Pemilik dan Pengelolah FRESH ON Dental Care) sebagai narasumber.

Sukses bisnis Khadijah terbagi kepada dua faktor: internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari keimanan yang kokoh dan spiritualitas yang tinggi, mentalitas wirausaha, memiliki modal dan pandai mengelolanya, kemampuan merekrut karyawan dan mejalin mitra kerja, suka berderma, berani mengambil keputusan dan pandai membaca peluang. Sedangkan, secara eksternal, Mekah merupakan daerah strategis serta cocok untuk iklim usaha dan memiliki stabilitas kemanan. Dari faktor-faktor di atas, kenapa keimanan menjadi bagian dasar penentu kesuksesan bisnis Khadijah. Karena iman memiliki pengaruh yang sangat luar biasa, dahsyat, dan sangat penting dalam menentukan maju tidaknya bisnis seseorang. Karenanya, keimanan Khadijah yang kokoh merupakan kunci rahasia pertama di balik

kesuksesan bisnisnya. Sementara itu, hampir semua pebisnis di Mekah ketika itu, semuanya paganisme. Sehingga, mereka benar-benar tidak memiliki apa yang dimiliki Khadijah, yaitu berupa kematangan spiritualitas. Sebab, dari iman itulah akan membuahkan kekuatan batin dan jiwa, sikap tidak pernah gentar, rasa aman dan tidak mudah putus asa, rasa harapan, rasa penuh percaya diri (self confidence), dan membuahkan sikap toleran dan damai. Dengan demikian, Khadijah menjadi pemenang dalam persaingan bisnis yang dilakukannya, tanpa harus mengotori tanggannya dengan cara-cara yang anarkis.

Kemudian, bagaimana dengan faktor-faktor lainnya? Tidak kalah sama hebatnya, semuanya mengikat satu sama lain dan menyatu dalam integritas sang istri Nabi saw ini. Selain itu, faktor-faktor dan konsep yang diterapkan Khadijah

dalam menjalankan bisnisnya, ternyata sangat relevan dengan pendapat-pendapat para ahli di dunia bisnis zaman modern ini.
Berbisnis dengan prinsip benar dan baik adalah asas kesuksesan yang tidak akan lekang oleh waktu hingga saat ini. Bukan hanya sukses dari sisi finansial namun dapat dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi, baik dari segi waktu maupun kebermanfaatan di dunia dan akherat. Menjadikan Khadijah sebagai panutan dalam berbisnis akan memberikan semangat bagi muslimah untuk meraih sukses usaha.

Copyright © 2009 - 2014 Salimah | Developed by Ibrahim Vatih