Home

Menyikapi Ujian

Adakalanya seseorang itu sudahlah menjalani dan mentaati apa yang digariskan Allah, namun dalam kehidupannya tetap mendapat musibah dan kesulitan hidup. Itu semua bisa karena:

- ujian yg diberikan adalah sebagai penghapus kesalahan kita dimasa lalu
- ujian sebagai rasa kasih sayang Allah kepada umatnya
- ujian sebagai tanda akan meningkatnya derajat kita dimata Allah

Sebagaimana Allah berfirman ,”Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang padamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, “Kapankah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS. Al-Baqarah:214).

Layaknya seseorang yang memelihara burung di dalam sangkar. Burung itu ingin sekali utuk lepas, bebas, terbang kemanapun dia mau. Namun kita, yang memelihara tetap tidak  mau melepaskannya karena rasa sayang kita terhadap burung tersebut, takut jikalau nanti dilepas ada yang menembak, takut jikalau nanti tidak  dapat mencari makanan sendiri, dan setumpuk ketakutan yg lain. Demikian pula Allah dalam ‘memanjakan’ hambaNya. Allah tahu semua yang terbaik buat kita jauh melebihi diri kita sendiri. wallahu’alam.

sumber : pondok-muslimah.blogspot.com

Copyright © 2009 - 2014 Salimah | Developed by Ibrahim Vatih