Home

Mewujudkan Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk Peningkatan Kualitas Pangan Keluarga


Memanfaatkan bambu pagar bambu bersusun untuk berkebun di halaman yang sempit

Merealisasikan firman Allah di surat Abasa “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya, Sesungguhnya Kamibenar-benar telah mencurahkan air (dari langit). Kemudian  Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu. Anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan pohon kurma, kebun-kebun yang lebat. Untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu” (qs Abasa :24-32) adalah kewajiban setiap orang beriman.

Peserta Workshop dan Training For Trainers “Percepatan Diseminasi Tehnologi Pertanian” berfoto bersama Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc. Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

Hadiah termanis tahun baru 1433 H baru saja di dapat oleh Salimah, dengan di selenggarakannya Workshop dan Training For Trainers “Percepatan Diseminasi Tehnologi Pertanian” kerjasama Balitbang Pertanian dan PP Salimah yang di adakan di Jakarta pada tanggal 25, 26 dan 27 Nop 2011. Acara ini sebagai tindak lanjut MOU (10/10/2011) keduanya dimana Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Deptan RI menggandeng ormas Salimah untuk melakukan gerakan bersama untuk bersinergi untuk melakukan percepatan memanfaatkan bibit-bibit unggul hasil balitbang pertanian berupa Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang segera di realisasikan di beberapa wilayah Indonesia.

workshop & TOT “Percepatan Diseminasi Tehnologi Pertanian”

Nurul Hidayati selaku ketua umum PP Salimah mengatakan ,”Kami memaknai MOU ini sebagai sebuah upaya positif dari pihak Balitbang melibatkan komponen masyarakat yaitu ormas Salimah dalam mensosialisasikan produk-produk dari balitbang di tengah masyarakat khususnya komunitas perempuan. Hal ini kami maknai sebagai sebuah upaya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, terutama bagi perempuan, keluarga dan anak Indonesia. Amatlah sesuai bagi Salimah untuk menyambut baik kerjasama ini , karena hal ini sejalan dengan visi kami yaitu menjadi  ormas perempuan yang dinamis dalam  meningkaatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak Indonesia”.

Berkunjung ke Kp.Cipule Mulya Sari Karawang, Desa percontohan KRPL

Sebanyak 40 peserta perwakilan PW Salimah dari 11 provinsi Indonesia hadir mengikuti acara dengan kemasan yang sangat menarik dan menyenangkan, mulai dari motivasi, perubahan paragidma, inovasi pangan dan pemasaran, praktek menanam benih , serta kunjungan fieldtrip ke Desa Mulya Sari Karawang melihat model desa yang telah berhasil melakukan Kawasan Rumah Pangan lestari.

Benih dan Bibit Unggul hasil BaLitbang Pertanian di serahkan kepada seluruh peserta workshop untuk segera di semai di wilayah nya.

Salimah adalah ormas perempuan yang ada di 30 propinsi, 281 kokab dan 469 kecamatan serta sampan pd tingkat pedesaan. Memiliki sekitar 10.000 motivator volunteer dan sebagian besar dari mereka adalah lulusan perguruan tinggi, berharap Salimah dapat menjadi sahabat perempuan Indonesia yang aktif dan dinamis dalam melakukan upaya-upaya pendampingan dan pembinaan di tengah komunitas perempuan Indonesia.  Dengan kerjasama ini, Salimah  dapat turut melakukan upaya memediasi kebutuhan masyarakat untuk dapat memanfaatkan hasil karya dari para ahli di balitbang ini yang diperuntukkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia”, ujar ibu Nurul Hidayati dalam pidato sambutannya.

Impian dan Semangat menggelora pada pengurus Salimah untuk segera mewujudkan ke daerahnya masing-masing untuk mensosialisasikan KRPL ke masyarakat sehingga manfaatnya bisa segera di rasakan oleh masyarakat.

Copyright © 2009 - 2014 Salimah | Developed by Ibrahim Vatih