Semarak Salimah Menyambut Ramadhan

by

banner-5

Kegembiraan dan kebahagiaan umat Islam dalam menyambut hadirnya bulan Ramadhan mewarnai aktivitas kehidupan muslim saat ini. Tidak hanya di kota dan pelosok negeri ini tapi juga di berbagai negeri di penjuru dunia .

Kegembiraan akan hadirnya bulan yang penuh Rahmat , bulan yang paling mulia di antara 12 bulan dalam setahun menjadikan Ramadhan selalu dinanti karena pada bulan tersebut Allah memberikan banyak ampunan terhadap dosa-dosa mukmin setahun yang lalu.

Beruntunglah umat Islam akan datangnya bulan Ramadhan dimana Allah SWT telah berjanji dengan menjalankan puasa selama sebulan akan menjadikan orang-ornag beriman menjadi hambaNya yang bertakwa.

Sebagaimana firman Allah di surat Al Baqorah ayat 183 : “Hai orang orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa,  sebagaimana orang-orang terdahulu berpuasa, semoga engkau menjadi orang yang bertakwa.”

Sunnah kegembiraan juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad Rasulluah SAW , Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad)

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang dinanti-nantikan umat Islam. Berdasarkan hadits di atas telah jelas kedatangan bulan Ramadhan merupakan kebahagiaan, karena banyaknya berkah, pahala, dan ampunan Allah Swt. Selama berpuasa di bulan ini

Mengapa Perlu Persiapan Menyambut Ramadhan ?

Manusia tempatnya lupa, maka perlu diingat kembali dengan melakukan persiapan menyambut Ramadhan atau istilahnya TARHIB Ramadhan. Dengan kesibukan dunia yang tiada henti dan semua bersifat mendesak menyebabkan manusia kadang lalai untuk akhiratnya. Inilah pentingnya mengingatkan kembali akan makna bulan Ramadhan, mengingatkan untuk mempersiapkan diri baik sisi maknawiyah, jasadiyah, dana dan merancang kegiatan istimewa yang akan dilakukan saat Ramadhan.

Makna Tarhib Ramadhan

Istilah Tarhib Ramadhan sudah menjadi akrab di hati ummat Islam Indonesia. Kata tarhib berasal dari akar kata yang sama yang membentuk kata Marhaban. Sedangkan marhaban artinya selamat datang atau welcome. Maka Tarhib Ramadhan berarti Selamat Datang Ramadhan atau Welcome Ramadhan.

Tarhib ramadhan menjadi salah satu agenda ormas salimah dalam menyambut Ramadhan, dimana pengurus Salimah turut aktif mengajak masyarakat untuk mensosialisasikan hadirnya bulan Ramadhan dengan mengadakan acara bertajuk “Tarhib Ramadhan bersama Salimah”.

Tarhib Ramadhan bersama Salimah

Program dilaksanakan diberbagai wilayah dan cabang Salimah yang tersebar di seluruh nusantara. Beragam acara Tarhib Ramadhan digelar diantaranya : Ceramah Persiapan Ramadhan, Santunan Yatim, Pembagian Hadiah kepada masyarakat, Talk Show, Tebar Spanduk Menyambut Ramadhan, Kirim Kartu Ramadhan , Pemeriksaan Kesehatan, Bakti Sosial dll.

Kegiatan Tebar Spanduk berisi pesan untuk mempersiapkan Ramadhan. Pesan yang disampaikan beraneka ragam, mulai dari pesan untuk pribadi, keluarga dan juga untuk masyarakat. Seperti :
– Mulaikan Ramadhanmu dengan Membaca Al-Quran.
– Sudahkah Keluarga-mu Siap Memasuki Bulan Ramadhan ?

Baksti sosial berupa bazar murah dan Pemeriksaan kesehatan gratis menjadi program yang disukai oleh masyarakat khususnya ibu-ibu. Mempersiapkan fisik untuk memasuki bulan Ramadhan dengan tubuh yang sehat dan bugar. Jika tubuh sehat maka menjalankan aktifits Ramadhanpun menjadi menyenangkan dan membuat puasa dan tilawah Qur’an semakin asik.

Tabligh Akbar Persiapan Ramadhan dan santunan yatim juga mewarnai majelis taklim Salimah di perjuru negeri ini.

Salimah berharap dari kegiatan Tarhib Ramadhan, masyarakat khususnya perempuan lebih bersemangat untuk mempersiapkan dirinya dan keluarga terutama anak-anak untuk memasuki bulan Ramadhan, terutama mempersiapkan ruhiyah diri dan keluarga, sehingga tujuan dari puasa Ramadhan yaitu membentuk pribadi yang bertaqwa dapat tercapai.

Tarhib Ramadhan merupakan simbolisasi kebahagiaan umat Islam dalam menyabut Ramadhan, namun kebahagiaan hakiki adalah saat menghabiskan detik demi detik di bulan ini untuk beribadah, semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan menyebarkan manfaat kepada sesama.

Saudaraku Salimah, marilah kita memohon kepada Allah agar memasukan kita ke dalam golongan orang-orang beriman yang mencari kebaikan di bulan Ramadhan : “Ya Allah, berkahilah kami dalam sisa bulan Sya’ban ini dan berkahilah kami di bulan Ramadhan.”