Kenapa perempuan harus mengenakan jilbab

by -1706 Views

hilmaSaat gadis cantikku protes kenapa aku disuruh pakai jilbab sedang katanya rambut adalah simbol kecantikan wanita
Jawaban saya, dengan sebuah ilustrasi.

Alquran menyebutkan Wanita itu makhluk terindah di dunia ini sebagai  simbol perhiasan dan kenikmatan. Seperti dalam surat 3 : 14 . Bahkan Rasul sendiri menyebutkan dalam haditsnya “Dunia itu perhiasan dan seindah perhiasannya adalah  wanita Shalehah “.
Jadi saat wanita menutup badannya dengan pakaian dan menutup kepalanya dengan jilbab bukanlah karena tubuh wanita itu jelek rupa dan tidak indah. Tetapi, karena tubuh dan rambutnya sesuatu yang mulia dan mahaal harganya. Bukan barang obralan dan murahan.
Jadi,
1. Ditutupi agar menjadi barang exlusif nan terjaga. Tidak boleh sembarangan laki-laki melihat apalagi menyentuhnya. Agar terjaga dari siapapun yang ingin mencuri keindahannya dengan terang-terangan namanya perampok, dan siapapun yang mencuri pandangan secara sembunyi namanya pencopet. Itulah bukti Islam menjaga kehormatan milik wanita

  1. Ditutupi tubuh dan kepalanya agar yang kelak boleh melihat, menyentuh dan menikmatinya hanyalah 1 orang lelaki sang pemenang dari jutaan laki-laki yang ada di bumi ini. Yaitu dia yang berani bayar mahal demi cintanya dengan akad ijab qobul nan suci dihadapan orang tua dan dipersaksikan kerabat, handai taulan serta keluarga semuanya. Ikatan suci dan abadi inilah  maka sang laki-laki pemenang dapat melihat, menikmati seluruh tubuh wanita tersebut menjadi ladang pahala dan jalan indah menuju surga.
  2. Terakhir, karena Allah SWT Sang Robb ( Pencipta, pemberi Rezki dan Pengatur Hidup ) yang meminta kita menutup aurat . Perintah ini ada di Al-Quran / Firman-Nya. Qs 7 : 26,  Qs 24 : 31 dan Qs 33 : 59.  maka alasan utama adalah kita menutup aurat tubuh dan kepala hingga dada karena memang ” Mau dan Selera-Nya Allah SWT “. Kalau Allah SWT yang mau pasti semuanya akan berakhir dengan kebaikan dan kemaslahatan buat umat manusia. Itulah bekal iman dengan husnudzhon dan legowo atas perintah Allah SWT.
    Wallohu a’lam

Nur Hamidah, MA

(Dept. Dakwah PP Salimah)