Salimah Sumbar Cetak Motivator Muslimah

by -1362 Views

Sebanyak 52 motivator dari 19 Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) se-Sumbar berkumpul di Gedung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Barat dalam rangka Training for Trainer (TfT) dan Workshop Motivator. “Diharapkan peserta ini menjadi motivator dan penggerak perempuan di daerah masing-masing,” terang Ketua PW Salimah Sumbar, Rahmawati, Ahad (19/11).

Pelatihan bertemakan “Membentuk Perempuan Cerdas Tangguh dan Solutif” itu  dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Ahad (18-19/11). Hari pertama dipusatkan pada materi Character Building, Teknik Komunikasi Massa, dan Smartman vs Smartphone.

Hari kedua fokus pada pengenalan kondisi dan realita perempuan anak dan keluarga Indonesia. Dimulai dari materi Golden Age dan Deteksi Penyimpangan Seksual pada Anak. Selanjutnya peserta kemudian dibagi beberapa kelompok untuk melakukan  simulasi menyajikan materi selayaknya seorang motivator.

Pemateri didatangkan langsung dari Pengurus Pusat (PP) Salimah, yang dihadiri oleh ketua, Rusmiyati dan Sekretaris Fidyarini Partiwi departemen SDM PP Salimah. Rusmiyati menegaskan bahwa seluruh peserta Salimah se-Sumbar hari ini harus berkomitmen untuk menjadi motivator. “Mereka yang tidak berani berkomitmen adalah mereka yang sedang berencana meninggalkanmu sewaktu-waktu,” tutur Rusmiyati.

Dia menyebutkan bahwa Salimah harus menjadi motivator dan penggerak dalam gerakan peningkatan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.  “Nanti saat kembali ke daerah masing-masing, peserta hari ini harus langsung melaksanakan tugas. Hadir dan  menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi di daerah masing-masing,” katanya.

Anggota Salimah mesti berupaya untuk mengupdate informasi, meningkatkan kepekaan terhadap kondisi masyarakat dan mampu  memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Sementara itu, peserta utusan dari PD Salimah Tanah Datar, Irdawati, mengaku tersentuh dengan kegiatan pelatihan ini. “Beda dengan pelatihan-pelatihan yang biasa saya ikuti di dinas yang hanya berupa pengetahuan teknis, di TfT dan Workshop Motivator ini saya juga merasakan hentakan semangat, siraman ruhani,” katanya.

Dia juga menyatakan bahwa  hentakan itulah yang menguatkan motivasi  saya untuk aktif di Salimah, bergerak untuk memberi manfaat bagi masyarakat, bersama Salimah.

Lena Humas Media Sumbar (Fdh)