Silaturrahim Pecinta Alqur’an Tiga, Puncak Kegiatan Ramadhan Salimah Kota Kudus,

by -254 Views

Pimpinan Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) menggelar acara Silaturrahim Pecinta Al Qur’an Tiga di Hotel Poroliman Jalan Bhakti Nomor 5 Kudus, Ahad 19/05/2019.

Silaturrahim Pecinta Al Qur’an ini merupakan agenda rutin tahunan bidang pendidikan dan dakwah dengan tujuan mengajak peserta untuk meningkatkan interaksi dengan Al Qur’an, merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai fondasi pendidikan keluarga dan inspirasi kebangkitan ummat Islam.

Dalam acara ini hadir tamu undangan dari ormas wanita Kabupaten Kudus, seperti GOW yang dihadiri langsung oleh Ketua GOW, Ibu Wakil Bupati Mawar Hartopo. Hadir pula perwakilan dari Dinas Sosial P3AP2KB Kudus sekaligus memberikan sambutan.

Salimah turut mengundang para donatur tetapnya untuk menyaksikan penyerahan santunan yatim secara simbolis sebagai penutup rangkaian kegiatan sosial Salimah di bulan Ramadhan ini.

Acara yang dihadiri lebih kurang dua ratusan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Ustadzah Rochma Yulika dari Yogyakarta.

Ustadzah Rochma menyampaikan materi Qur’an Fondasi Pendidikan Keluarga dan Inspirasi Kebangkitan Ummat.

Ustadzah Rochma merupakan penulis buku, mubalighoh, konsultan keluarga dan kontributor Rumah Keluarga Indonesia.
“Kaum muslim yang rindu pada kebangkitan ummat Islam harus segera membuka katup jiwanya dan memenuhinya dengan kesejukan Al Qur’an. Biarlah ia mengalir mengisi relung-relung jiwa, menyegarkan iman, membersihkan pikiran dan membuahkan amal. Iringi setiap langkah dengan kekuatan kalamullah, sebagaimana generasi pertama Islam memulai langkah-langkahnya dengan kekuatan itu. Tidak ada jalan untuk membangkitkan ummat dari kelemahan dan ketertinggalan mereka selain dari kembali kepada Al Qur’an ini. Dan cukuplah Al Qur’an sebagai petunjuk,” ungkap ustadzah.

Ustadzah Rochma yang juga merupakan majelis syuro ODOJ (One Day One Juz) menutup materinya dengan memotivasi audien untuk terus berlari tanpa lelah dalam jalan kebaikan, jangan pernah berhenti sebelum kaki kita menginjak surga.

Sesi penyampaian materi dan tanya jawab dipandu oleh Eti Nidiawati dengan komunikatif sehingga peserta antusias dalam mengikuti jalannya seminar.

Untuk diketahui di Bulan Ramadhan ini Salimah Kudus menggelar berbagai kegiatan sosial berupa pembagian 270 paket sembako untuk janda dan dhuafa, pemberian dua ratus pasang baju baru untuk yatim, piatu dan anak kurang mampu, pemberian santunan yatim berupa uang tunai, pembagian ratusan bungkus kurma, dan pembagian gamis dan jilbab baru untuk anggota majelis ta’lim yang membutuhkan.

Setelah sukses dengan Program Pembinaan Anak Yatim (P2AY), Komunitas Ortu Bijaksana, dan Baitul Qur’an Salimah (BQS), di tahun ketiga kepengurusannya, Ketua PD Salimah Kudus, Yuliana Dewi Rahmawati menjalankan kajian Islam online melalui whatsapp bertajuk Sabila.

Sabila yang merupakan kepanjangan dari Salimah Berbagi Ilmu merupakan program adopsi dari PP Salimah.

Alhamdulillah, saat ini Sabila telah terlaksana sebelas kali dengan diselingi kegiatan ‘kopi darat’ anggotanya. Program ini dipandu oleh Latifah Munawarah, Lc, MA, Kabid Dakwah PD Salimah Kudus.

Yuliana Dewi Rahmawati mengungkap, “Segenap kegiatan Salimah Kudus termasuk Silaturrahim Pecinta Al Qur’an Tiga adalah usaha untuk mewujudkan visi Salimah yaitu meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga Indonesia dalam segala aspeknya. Meliputi peningkatan kualitas ruhiyah, fikriyah, jasadiyah, sehingga InsyaAllah tercapai kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga Indonesia.”

Dewi kurniawati Humas Media Salimah Kudus (Fdh)