Categories
Berita

Salimah Pangkalpinang Selenggarakan Daurah Janaiz

PANGKALPINANG- Sebanyak 40 (empat puluh) peserta mengikuti Pelatihan Mengurus Jenazah (Dauroh Janaiz) di Mesjid Al Amanah Kampak Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang, Sabtu (21/9/2019) kemarin. Kegiatan tersebut dilaksanakan kerjasama Pimpinan Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Pangkalpinang dengan Lembaga Baitul Quran Salimah Ainurrahman dan Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Al Amanah Kampak.

Ketua PD Salimah Kota Pangkalpinang Mar’ati, S.Pd dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membekali diri dalam hal pengurusan jenazah. “Tujuan dari kegiatan dauroh janaiz ini adalah sesuai dengan tema yaitu meningkatkan potensi diri terkait tentang pengurusan jenazah yang hukumnya fardhu kifayah”, ujar Mar’ati.

“Dengan adanya pembekalan-pembekalan ini diharapkan nanti nya akan terbentuk suatu komunitas perindu syurga, ” imbuh Marati.

Sementara itu Ketua.DKM Al Amanah Kampak DR. Hariadi, SH MH dalam sambutan sekaligus membuka acara secara resmi menjelaskan bahwa mesjid mereka sangat terbuka untuk hal-hal positif. “Kami sangat bersyukur dengan terselenggaranya acara ini dan kita sifatnya terbuka bagi siapa saja yang mau belajar,” tegas Hariadi.

Selanjutnya materi inti pengurusan jenazah disampaikan oleh Ustadz Syafe’i Salim. Beberapa hal penting  mendasar yang harus diketahui dijelaskan Syafe’i adalah persiapan menghadapi kematian, menjenguk orang sakit, mendoakan orang sakit, saat detik-detik kematian, memandikan jenazah dan mengafani jenazah.

Dalam hal persiapan menghadapi kematian dijelaskan Syafe’i sangat dianjurkan bagi setiap orang. “Rasulullah bersabda perbanyaklah mengingat pemenggal kenikmatan yaitu kematian” jelasnya. Adapun persiapan kematian adalah dengan cara menghentikan kedzaliman, tobat kematian, selalu berbuat ketaatan dan berbaik sangka kepada Allah SWT.

Urutan tata cara pengurusan jenazah dimulai dari saat detik-detik kematian dijelaskan Syafe’i secara gamblang serta bagaimana mentalqin orang yang sedang sakaratul maut.

Di akhir sesi materi dilanjutkan dengan praktek mengkafani jenazah bagi laki-laki dan perempuan serta praktek memandikan jenazah bagi laki-laki dan perempuan. Serta dijelaskan bagaimana perbedaan pengurusan bagi jenazah laki-laki dan perempuan.  (Departemen Humas dan Media PD Salimah Kota Pangkalpinang/RA)

By Humas Salimah

Humas Salimah, menyampaikan berita aktivitas muslimah dari seluruh Indonesia serta informasi edukasi perempuan, karena Salimah peduli meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.