Asah Skill Pengurus, Pimpinan Daerah Salimah Pati Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pengurus (PKPS) II

by -5 views

Pati-Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Pati kembali menggelar Pelatihan Kepemimpinan  Pengurus (PKPS) II, yang merupakan kelanjutan dari PKPS I, Ahad (20/10/2019).

Pelatihan ini dihadiri oleh pengurus dari PD Salimah Pati, perwakilan Pimpinan Cabang (PC) dari PC Pati, Margorejo, Gembong, Gabus, Tambakromo, Kayen, Wedarijaksa, Tayu, Juwana,  Jakenan.

Juga Pimpinan Wilayah (PW) Salimah Jawa Tengah yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut.

Ketua Pimpinan Daerah Salimah Pati, Alyulis Sri Sutiyas, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus Pimpinan Wilayah yang sudah membersamai di pagi hari ini, dan pengurus cabang yang sudah berkenan menghadiri untuk lebih mengenal tentang salimah. Ini merupakan program bidang SDM yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, loyalitas, dan soliditas dari semua pengurus Salimah Kabupaten Pati.

“Harapannya nanti pengurus Salimah memiliki daya saing yang tinggi dan potensi yang diandalkan. Oleh karena itu kapasitas pengurus Salimah senantiasa diasah dan ditingkatkan agar di masyarakat menjadi smart di ranah domestik dan publik,’ kata Alyulis.

Dengan adanya PKPS II ini akan lebih memantapkan pengurus dan materi-materi nantinya akan membekali kita, mengasah keterampilan, kepribadian kita, seperti contohnya keterampilan berbicara di depan publik dan sebagainya.

“Setelah ini kita akan menjadi pengurus yang lebih percaya diri dan lebih banyak keilmuannya sehingga bisa membantu menyelesaikan masalah-masalahdi dalam masyarakat,” tambahnya.

Dalam pelatihan tersebut, ada enam materi yang disampaikan oleh tiga narasumber dari PW Salimah Jawa Tengah. Yakni, Siti Ina Nuraeni, SE, materi tentang Mengenal diri dan Motivasi, materi dua dengan tema, Bersama Salimah, Bersama Membangun Diri. Materi Leadership dan Komunikasi Efektif oleh Emy Shinta Dewi, SKM, M.Kes, yang merupakan Ketua Departemen Dakwah PW Salimah Jawa Tengah. Berpikir Kreatif dan Keterampilan di Media oleh Heru Damayanti, S.Si., M.Pd.

“Dengan mengenai diri dan motivasi maka kita dapat memahami potensi kita sehingga akan sangat luar biasa, maka seharusnya kita harus bersikap optimis karena dengan bersikap positif maka kita percaya kepada Allah, jika karena Allah maka akan tahan goncangan untuk senantiasa memotivasi diri. Mindset kita tergantung niat kita, kalau niat kita karena Allah maka bersama Salimah dan kegiatan apapun yang akan dijalankan akan tetap berkomitmen,” kata Siti Ina Nuraeni, SE, dalam materinya Mengenal Diri dan Motivasi dilanjutkan dengan materi Bersama Salimah, Bersama Membangun Diri.

“Bahwa dengan ridho Allah lewat Salimah akan mendapatkan keberkahan hidup, “lanjutnya.

Materi Leadership dan Komunikasi Efektif dibawakan secara apik dan energik oleh Emy Shinta Dewi, SKM, M.Kes. Membuka materi dengan penyemangat bahwa Allah memberi peluang di jalan dakwah Allah ini, nilai yang diberikan Allah adalah kemulian di sisi-Nya, bukan berbau prestise, jabatan atau uang.

Beliau kemudian memberikan materi berkenaan dengan Leadership, paling tidak bisa memahami proses dari kepemimpinan itu. Salah satu karakteristik pemimpin efektif itu yaitu dominasi, yaitu sikap mampu mengarahkan ketika terjadi banyak hal yang tidak diinginkan dengan prinsip mampu memaafkan ketidaksempurnaan orang lain di sekitar kita. Sedangkan pada materi komunikasi efektif, beliau menyampaikan komunikasi efektif itu ada timbal balik dan dapat mengatasi gangguan-gangguan dalam proses komunikasi. Dalam skill komunikasi juga diperlukan active listening untuk mampu mendengarkan, dimana empati bisa muncul, jika sudah dilakukan maka akan respect, benar-benar mendengarkan. Juga THINK  before you speak, mampu mengolah bahasa, sehingga menyampaikan kejujuran itu tepat sasaran ketika disampaiakn kepada orang lain dan bisa diterima dengan baik. Ibu Emy juga mengajak peserta simulasi dengan permainan komunikasi efektif yang menyenangkan dan seru yaitu meneruskan pesan berantai dengan menggunakan bahasa tubuh.

“Inovasi dan kreativitas itu datang dari mimpi dan motivasi, apa mimpi tertinggi pengurus ‘untuk Salimah Pati dan bagaiman motivasi dari diri sendiri untuk mencapainya?”, tanya Ibu Heru yang juga Sekretaris PW Salimah Jawa Tengah ini. Peserta pun menjawab pertanyaan yang dilontarkan dengan antusias.

“Orang yang kreatif juga sentiasa terpacu berpikir hal-hal baru dan menerapkannya untuk mengatasi masalah,” lanjutnya.

Sedangkan materi tentang Keterampilan di Media, beliau juga menyampaikan beberapa hal yang sangat menarik dan padat ilmu juga informasi yaitu cara memilih media yang tepat, tips bijak bermedsos dan panduan penulisan berita.

Kegiatan tersebut juga diramaikan dengan pembagian doorprize kepada peserta dan foto bersama.

TDI Humas Media Salimah Pati, Jateng (FD)