Ratusan Peserta Ramaikan Webinar Parenting Salimah Kalbar

by -25 Views

Pontianak – Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW Salimah) Kalimantan Barat sukses menggelar webinar bertajuk “Mengembalikan Peran Orang Tua Sebagai Madrasah Keluarga” pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.

Acara yang merupakan program kegiatan Departemen Pendidikan dan Pelatihan PW Salimah Kalbar ini diikuti oleh berbagai pihak mulai dari praktisi pendidikan, pemerhati keluarga dan pengurus Salimah se-Kalbar. Yang menarik adalah hampir 40 % peserta berasal dari luar Kalbar seperti Riau, Banten, Bandung, Jateng, Kalsel, Gorontalo dan lain-lain.

Rangkaian acara dibuka oleh ketua PW Salimah Kalbar Dwi Nugraheni.

“Pendidikan paling utama bagi anak-anak adalah di rumah, orang tua sebagai guru dan teladan bagi anak-anak sehingga contoh terbaik dapat dilihat langsung oleh anak-anak” terang Heni dalam sambutannya.

Selain itu, untuk materi webinar sendiri diawali keynote speaker oleh H. Abdul Rahmi atau yang biasa disapa Bang Mi selaku ketua Yayasan Al-Mumtaz.

“Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang sangat penting bagi anak-anak. Namun, proses pendidikan akan berjalan baik manakala tiga lingkungan bersinergis, yaitu keluarga, masyarakat dan sekolah. Makanya perlu ada komunikasi dan interaksi yang baik antar ketiga lingkungan tersebut” jelas Bang Mi.

Webinar ini menghadirkan para pakar dan pemerhati dalam pendidikan anak dan keluarga. Pembicara pertama adalah Rd Santi Nurjanah yang merupakan praktisi pendidikan akil baligh sekaligus sekretaris umum PP Salimah. Beliau menjelaskan Tujuan pendidikan sebagai Mukallaf yaitu mengantarkan anak-anak menuju kebermanfaatan sebagai insan manusia, jauh lebih tinggi daripada menjadi dokter, insinyur ataupun profesi lainnya. Hal ini menjadi bagian penting yang harus diperhatikan setiap orang tua.

Pembicara kedua adalah Syabaruddin yang merupakan tokoh pendidik dan content creator. Beliau menyoroti peran utama guru di sekolah, bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi juga menaruh rasa kasih sayang kepada setiap anak dan mengantarkan anak tersebut menjadi jalan kebaikan bagi kedua orang tuanya.

Ada banyak hal yang menjadi perhatian utama orang tua dalam mendidik setiap anak, namun menjadi teladan ataupun role model adalah jalan nyata yang lebih mempermudah anak dalam menerapkan nilai-nilai yang mereka ketahui dan anggap baik.