Stres Tak Selalu Negatif

by

Pengurus Daerah (PD) Salimah Kota Batu, Ahad (31/12/2021), mengadakan Sabila (Salimah Berbagi Ilmu via Online) dengan tema Manajemen Stres di Masa Pandemi. Bersama Mbak Dian Fitriaswaty, M.Psi, Psikolog,.

Disampaikan Mbak Dian mengenal stres selalu berkonotasi negatif. Ternyata ada eu stress (stres baik) yang sebenarnya baik untuk sistem imunitas. Jika dikelola dengan baik, pada dasarnya stres dapat membuat banyak orang belajar mengembangkan kualitas diri dalam meraih tujuan.

Oleh karena inya perlu manajemen stres. “Manajemen stres adalah berbagai cara yang digunakan seseorang untuk mengurangi dampak buruk dari pengalaman stres yang dirasakan, agar tidak menjadi distres (kecemasan )hingga depresi,” ungkapnya.

Saat sesi tanya jawab, ada peserta yang menanyakan mengendalikan marah saat PMS (premenstrual syndrome). Dijelaskan Mbak Dian memang hormonal bisa menjadi pencetus terjadinya perubahan suasana hati (mood swing) yang terkadang tidak bisa dikondisikan. Ketika ini terjadi ia menyarankan agar disampaikan ke anggota keluarga serta yang terpenting adalah melatih diri untuk mengendalikan emosi.

“Bulan lalu pas PMS marah-marahnya sehari lima kali, berarti bulan ini jadi tiga kali,” tantangnya.

Selain itu, disampaikannya setelah marah terkadang muncul perasaan menyesal. Dijelaskannya ini merupakan tanda hati yang masih bersih. Lebih dari itu bagaimana car akita berdamai dengan masa lalu. Solusinya adalah dengan mengingat bahwa tujuan ujian adalah agar manusia selalu mengingat Allah SWT.

Ketua PD Salimah Kota Batu Diah Risyiati, SSi berharap agar kegiatan ini bermanfaat untuk para ibu sebagai pusat ketahanan keluarga. Ia berharap di musim pandemi ini, ibu-ibu tetap berjuang yang terbaik untuk keluarga.