Salimah Magelang Hadirkan Kegiatan Sehari Bersama Al-Qur’an

by

Magelang (1/5) – Menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 sekaligus mengisi kegiatan Ramadhan 1442 H Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kabupaten Magelang mengadakan kegiatan Sehari Bersama Alquran (SBQ). Tak kurang dari 45 orang mengikuti kegiatan tersebut.  Situasi pandemi covid 19 membuat kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan grup WhatsApp.

SBQ dipandu oleh Ferika Setiyani,S.Kep dengan diawali acara pembukaan pada¬† pukul 08.00 melalui zoom meeting. Titi Fibrilianthi Carolina,S.Pt selaku ketua Pimpinan Daerah Salimah memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan dan launching “Gerakan Membaca Al Qur’an” (GEMA). Dalam sambutannya beliau menyampaikan QS. Thaha ayat 1-2. Bahwa Al-Qur’an itu Allah turunkan bukan untuk membuat manusia susah. Ayat ini yang mendasari tema yang diangkat oleh panitia, yaitu Bahagia Bersama Al-Qur’an.

Setelah dibuka oleh ketua PD Salimah Kabupaten Magelang peserta mengikuti webinar yang disampaikan oleh Ustadzah Marhamah Amini Al Hafidzah. Selama kurang lebih satu seperempat jam beliau membahas tentang kebahagiaan hakiki yaitu ketika seseorang dekat dengan Al-Qur’an.  Disampaikan juga kiat-kiat untuk dapat meraih kebahagiaan bersama Al-Qur’an. Pembahasan semakin menarik dengan diberikannya kisah keteladanan para sahabat Nabi Muhammad SAW yang menjadi pecinta Al Quran seperti: Hudzaifah Ibnul Yaman RA, Abad bin Bisyir RA, Ubay bin Kaab RA, Ashim bin Tsabit RA, dan Ummu Waraqah RA.

Selesai kajian bersama Ustadzah Marhamah Amini Al Hafidzah peserta bergabung ke kelompok-kelompok kecil di grup WhatsApp dengan pendamping kelompok dari panitia untuk melanjutkan kegiatan tilawah Alquran dan hafalan QS. al-Mulk.

Di penghujung acara ini Yuniah selaku ketua panitia memilih peserta terbaik dengan kriteria: keaktifan peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, tilawah terbanyak, dan hafalan terbaik. Dari kriteria tersebut ditetapkan 6 peserta terbaik yaitu: Asfiyah, Ratna Fatimah, Maryati, Lina Rochayati, Siti Badriyah, dan Siti Zulaichah. Kepada para peserta terbaik tersebut akan dikirimkan bingkisan cinta dari Salimah.

Keharuan terasa dalam kegiatan ini ketika Asfiyah menyampaikan kesannya secara langsung saat penutupan kegiatan melalui zoom meeting. Beliau berterima kasih kepada panitia yang telah menghadirkan kegiatan yang positif. Yang memaksa, khususnya emak-emak seperti beliau, untuk mengisi Ramadhan ini dengan berdekat-dekatan dengan AlQuran.

Senada dengan Asfiyah, Mubarokah juga menyampaikan kesan senangnya mengikuti acara ini. “Seneng sekali bisa ikut acara SBQ Salimah, semoga acara ini bisa lanjut setelah Ramadhan, ” tulisnya kepada panitia.