Salimah Sumut Gelar Tabligh Akbar Muharram dan Doa untuk Negeri

by

Medan (15/8) – Pimpinan Wilayah Persudaraan Muslimah (PW Salimah) Sumatera Utara menyelenggarakn Tabligh Akbar online dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1443H. Acara yang dilaksanakan pada Ahad (15/8) melalui zoom disiarkan secara langsung di kanal Youtube Salimah Sumatera Utara.

Tabligh Akbar Muharram mengangkat tema Hijrah bersama Salimah Menyongsong Kehidupan Berkah. Panitia acara menghadirkan Ustadzah Kingkin Anida sebagai pembicara.

Ketua panitia acara, Riza Foria, mengatakan bahwa Salimah tetap menggulirkan agenda kebaikan di tengah pandemi. Hal ini bersandar pada sabda Nabi, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat manusia lain.

“Di antara sekian banyak agenda yang dilaksanakan adalah gebyar Muharram sekaligus doa untuk negeri yang kita adakan pagi ini. Semoga acara ini menjadi wasilah untuk mendapat pertolongan Allah agar negeri kita terlepas dari wabah Covid-19 dan menjadi baldatun toyyibatun wa robbun ghofur,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PW Salimah Sumut, Nurazizah Tambunan, memaparkan ibrah atau pelajaran dari peristiwa hijrah Rasulullah SAW. Pertama, semua hal memerlukan rencana karena tidak ada yang terjadi secara tiba-tiba.

“Kita wajib melakukan perencanaan dengan segenap usaha dan potensi, baik untuk pribadi maupun organisasi. Ujian berupa pandemi saat ini tidak boleh menghalangi kita mengeluarkan ide dan gagasan agar rencana kebaikan tetap terus berjalan. Dan itu akan menjadi investasi akhirat bagi kita,” tuturnya di hadapan ratusan peserta tabligh akbar.

Kedua, hijrah mengajarkan manusia untuk bertawakal kepada Allah setelah melakukan ikhtiar. Selanjutnya, ada pelajaran untuk menerima qada dan qadar Allah dalam menghadapi segala sesuatu yang berada di luar kekuatan manusia.

Selain tabligh akbar dan doa untuk negeri, acara diisi dengan pesan-pesan Muharram yang disampaikan oleh Sri Prafanti (Dewan Pertimbangan Salimah Wilayah Sumut), Rusmini (MUI Wilayah Sumut), dan Murni Nila Kesuma Tanjung (Plt Ketua PW Muslimat Al Washliyah Sumut).

Pada puncak acara, Ustadzah Kingkin Anida menyampaikan ciri-ciri keberkahan dalam diri seseorang.

“Pertama, merasakan nikmat beramal sholeh. Kedua, istiqamah dalam melakukan kebaikan. Ketiga, merasa rindu kepada Allah. Keempat, pandai menggunakan indera, akal, dan fitrah untuk memilih yang terbaik. Dan terakhir, pandai bersyukur dan bersabar,” ujarnya.