Tips Dagangan Berkah ala Rasulullah

by

Assalamualaikum Sahabat Salimah..Selamat Pagi..Sambil menemani aktifitas paginya, yuk kita simak konten hari ini dari Departemen Ekonomi PC Salimah Bojonggede, yaitu tips berdagang ala Rasulullah yang bisa kita diterapkan agar berdagang menjadi semakin berkah:

1. Niatkan karena Allah SWTNiat berdagang selain untuk mencari rezeki haruslah karena Allah, bukan karena ingin menumpuk harta dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Apabila berdagang diniatkan untuk mencari ridho Allah SWT, insyaallah segala urusan akan dimudahkan oleh-Nya.

2. Bersikap jujurJujur dalam berdagang misalnya tidak mengurangi timbangan serta memberikan informasi yang benar mengenai kelebihan dan kekurangan barang yang dijual. Kejujuran dalam berdagang tentu akan menciptakan kepercayaan dari pihak pembeli sehingga mereka akan merasa senang dan yakin untuk membeli.

3. Jual barang yang halal & berkualitas baikDalam berdagang, Rasulullah selalu memastikan barang dagangannya berkualitas dan tidak cacat. Hal ini dilakukan agar tidak merugikan pembeli dan menjadi dosa bagi si pejual.

4. Ambil keuntungan sewajarnyaRasulullah juga hanya mengambil keuntungan sewajarnya, karena beliau juga mencari keberkahan dari Allah SWT. Mengambil keuntungan yang tidak wajar selain menyalahi agama juga dapat membuat dagangan tidak laku.

5. Saling menguntungkan kedua belah pihakRasulullah senantiasa menggunakan prinsip suka sama suka ketika berdagang. Artinya kedua pihak sama-sama merasa rela dan mencapai kesepakatan bersama, baik dalam harga, jenis barang, dan cara memberikan barang tersebut kepada pembeli. Dengan demikian keduanya merasa sama-sama diuntungkan.

6. Bersikap ramah kepada pembeliRasulullah juga mengajarkan agar bersikap ramah kepada pembeli. Dengan demikian, pembeli pasti juga senang. Sebaliknya jika kita menunjukkan wajah judes dan cemberut tentu pembeli akan malas dan kabur, tidak akan membeli di tempat kita lagi.

(*Humas PC Salimah Bojonggede: Ana Mukhlisin, Farandiza Rosalia)