Salimah Bogor Luncurkan KEP

by -19 Views

Bogor (28/10) – Dengan mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Usaha Rumahan”, PD Salimah Kabupaten Bogor melaksanakan launching Komunitas Entrepreneur Perempuan (KEP). Acara ini diprakarsai oleh Departemen Pendidikan dan Latihan dan Departemen Ekonomi.

Salimah sebagai ormas perempuan yang memiliki kepedulian terhadap peningkatan kualitas perempuan, keluarga dan anak Indonesia, sangat berkepentingan untuk mendorong lahirnya perempuan-perempuan produktif yang dapat memanfaatkan potensi dirinya secara optimal bagi kebaikan diri, keluarga, dan masyarakat di wilayah Bogor.

“Nantinya Komunitas Entrepreneur Perempuan ini akan ada di bawah Departemen Ekonomi,” ujar Ketua Depdiklat PD Salimah Kab Bogor, Anie, mengawali sambutannya.

Launching yang digelar virtual melalui zoom dimulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB, menghadirkan Septina Marryanti, S.si.,M.Si (Kadep Ekonomi PD Salimah Kab Bogor) sebagai moderator serta Hj Santy Maemunah, A.Psi dan Leni Suhartini, S.Pd sebagai Pembicara.

Banyak kita saksikan perempuan yang hanya berkiprah pada urusan domestik rumah saja. Namun apakah sama nilainya di mata Allah, mereka yang berdiam diri saja dengan mereka yang bekerja keras?

Dalam QS At Taubah (9) :105, Allah berfirman,
“Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”

“Dalam hal ini kita diperintahkan untuk bekerja dan Allah akan melihat usaha kita. Menjadi pengusaha muslimah bukanlah sekedar peran biasa. Allah anugerahkan kemampuan dan kesempatan ini tidak ke semua orang, sehingga jangan lewatkan peluang-peluang yang ada,” ucap Ketua PD Salimah Kab. Bogor, Nur Laela Turohmah, dalam sambutannya dan sekaligus meresmikan KEP.

“Berangkat dari pengalaman pribadi, jiwa wirausaha tumbuh melalui pembiasaan yang diajarkan dalam keluarga sejak kecil. Kuncinya adalah kemauan dan kreativitas dalam memanfaatkan seluruh bahan, keahlian dan kesempatan yang dimiliki untuk wirausaha,” papar Ketua Dept Ekonomi PW Salimah Jabar, Leni Suhartini, S.Pd.

Pada sesi kedua dengan materi Kiat Sukses Menjalankan Usaha Rumahan, Santy Maemunah, A.Psi, berbagi kisah suksesnya memulai usaha, yakni dengan memanfaatkan sosial media untuk mencari ide usaha.

“Bukan hanya sekedar update status atau membuat postingan seperti kebanyakan orang. Dengan bantuan teknologi juga saya mempelajari tentang produksi, promosi, reseller, dan lainnya untuk mengembangkan usaha,” tutur owner Radja Foods dengan ribuan reseller tersebut ketika menjelaskan berbagai tips dalam mengembangkan usaha.

Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti webinar. Diharapkan dengan hadirnya KEP di Kabupaten Bogor dapat menghidupkan jiwa kewirausahaan pada masyarakat dan membawa dampak positif terhadap kemandirian finansial bagi kaum perempuan.

*Humas PD Salimah Kab. Bogor