Salimah Se-Sumatera Barat Laksanakan Gebyar Hari Ibu

by

Pimpinan Wilayah (PW ) dan Pengurus Daerah (PD) Persaudaraan Muslimah (Salimah) se- Sumatera Barat usai gelar beberapa rangkaian kegiatan desember 2021 hingga Januari 2022 dalam rangka “Gebyar Hari Ibu 2021” dengan mengangkatkan tema “Sejuta Doa dan Cinta Salimah untuk Ibu Indonesia”

Beberapa rangkaian kegiatan diantaranya ; Webinar Parenting kolaborasi PW Salimah, Yakesma Sumbar dan Prokami yang diselenggarakan Minggu, 26 Desember 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Gubernur Hj. Harneli Bahar dan menghadirkan pembicara Nasional Ustadz Bendry Jaisyurrahman yang memaparkan materi tentang bagaimana menumbuhkan Cinta dalam keluarga dengan komunikasi efektif. Dilanjutkan dengan pemaparan seorang dokter Nina Kurniasih pentingnya mewaspadai semua penyakit sepanjang usia perempuan, membuat peserta yang hadir dari lembaga wanita, ormas dan Dharma Wanita berbagai Instansi untuk menyadari tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Pada kesempatan ini juga diumumkan pemenang lomba Ibu Inspiratif Salimah 2021, sebuah penghargaan yang mewakili perjuangan para Ibu dalam mengemban amanahnya sebagai Ibu dan juga berperan bermanfaat untuk masyarakat luas , dan dapat menginspirasi banyak wanita dan Ibu lainnya. Pilihan 3 juri Etty Praktiknyowati (Pimpinan Pusat Salimah), Rahmawati dan Siti Zakiah menetapkan pemenangnya Yulizawarti dan Riza Sofia dari PD Padang Panjang, yang merupakan guru pendidik dan memiliki kiprah di Masayarakat juga aktif ber giat bersama Salimah.

Selain itu juga digelar khitanan massal hingga akhir Desember di sejumlah daerah yang diselenggarakan oleh PD Padang Panjang, Kota dan Kabupaten Solok, Solok Selatan, Bukuttinggi, Agam dan Payakumbuh. Kegiatan ini masih kolaborasi bersama Yakesma Sumbar. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang memiliki anak yang akan dikhitan tanpa biaya, serta mendapat bingkisan menarik sebagai hadiah untuk mengembirakan hati anak-anak.

Yang terkini adalah anjangsana PW Salimah Sumbar bersama PD Salimah Tanah Datar ke panti jompo Tresna Werdha Kasih Ibu di jorong Cubadak, Lima Kaum, Batusangkar, Minggu, 1 Januari 2022, dengan memberikan paket ibadah dari para donatur berupa mukena, sarung, dan amplop uang saku utk 70 lansia dari donatur diantaranya Dharma Wanita Fakuktas Ekonomi (DW FE )Universitas Andalas di panti tersebut, serta Alquran dari ACT dan bingkisan hand sanitizer dari Wardah.

Hadir dalam kegiatan Ketua GOW Tanah Datar, Bundo Kanduang, dan Aisyiah Tanah Datar. Dalam kata sambutan Ketua PW program Salimah senantiasa dpt berkelanjutan dan saling berkolaborasi dgn GOW maupun ormas lainnya yg berkaitan dgn perempuan dan keluarga dan harapannya semoga Salimah bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat mengikuti Sunnah Rasulullah.

Kegiatan serupa bersama PD Salimah Padang Pariaman mengunjungi Panti Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Berbagi ke bahagiaan dan kunjungan merupakan obat rindu dari penghuni Panti jompo yang di diami oleh 110 orang lansia dan 26 pengelola. Kegiatan ini juga merupakan kerjasama banyak pihak Salimah bersama Yakesma, HNI, IBI dan DW FE Unand, Wardah.

Ketua GOW Padang Pariaman memberikan apresiasi yang luar biasa kepada salimah yang sangat memberikan inspirasi untuk GOW dan semua organisasi yang ada. Ia menghimbau organisasi lain bisa terinsipasi dan mengikuti kegiatan Salimah.

Yakesma juga berharap semoga kedepan bisa bekerjasama kembali dan mengajak masyarakat untuk bisa memberikan ziswaf melalui Yakesma.

Rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan acara webinar Sumbang 12 bersama PD Salimah Sijunjung pada Minggu, 9 Januari 2022 bersama Bundo Kanduang Sumatera Barat.

Semoga dari seluruh rangkaian kegiatan Gebyar Hari Ibu ini, memberikan harapan kepada kita semua untuk menghargai dan menempatkan para Ibu dan calon Ibu pada kemuliaan peran nya dalam Islam serta memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

(Vivi)