Salimah Gorontalo Gelar Sosialisasi Program Unggulan Depdiklat

by -60 Views

Gorontalo (25/2) – Departemen Pendidikan dan Pelatihan (Depdiklat) Pimpinan Wilayah (PW) Persaudaraan Muslimah (Salimah) Gorontalo mengadakan sosialisasi program unggulan departemennya. Kegiatan yang ditujukan untuk seluruh pengurus Depdiklat wilayah (PW) dan daerah (PD) ini menghadirkan pengurus pusat (PP) Salimah yang menjadi konseptor program.

Di hadapan seluruh pengurus Depdiklat Se-Provinsi Gorontalo, Ketua Depdiklat PP Salimah, Rusmiati menyampaikan 4 program unggulan yang sedang digarap yaitu Program Salsa (Sekolah Lansia Salimah), Program Serasi (Sekolah Pranikah Salimah Indonesia), Program Sister (Sekolah Ibu Salimah Terpadu), dan Program Pemberdayaan Komunitas (Komunitas Orang Tua Bijak, Komunitas Enterpreneur Perempuan, Komunitas Sehat dan Peduli Lingkungan, Dan Komunitas lainnya).

“Tahun 2022 kita fokus menyiapkan modul materi untuk pilot project Rumah Pendidikan Salimah di 34 Provinsi,” ujar Rusmi yang juga mantan Ketua Departemen SDM PP Salimah.

“Harapannya setiap PW dan PD memiliki fokus garapan 1 di antara program salsa, sister, atau serasi. Untuk program pemberdayaan komunitas, bisa membentuk komunitas sesuai kearifan lokal, jadi tidak tergantung dari jenis komunitas yang ada secara nasional,” imbuh alumni Uhamka yang juga trainer motivasi nasional.

Sesi kedua dari kegiatan sosialisasi adalah materi tentang teknis laporan pencapaian program dan evaluasi program yang disampaikan sekretaris Depliklat PP Salimah, Fidyarini Pratiwi.

“Program-program Depdiklat sejatinya menjadi salah satu media rekruitmen penerima manfaat Salimah” tegas Fidi, nama panggilan pengurus Depdiklat PP salimah termuda ini.

“Jangan lupa target jumlah peserta program Provinsi Gorontalo tahun 2022 ada di atas angka 3000. Silahkan angka ini dibagi ke semua Departemen baik di level wilayah maupun daerah,” ujarnya.

Hadir memberikan sambutan di hadapan sekitar 20 peserta yang terdiri dari pengurus Depdiklat PW dan 6 Pengurus PD se-provinsi Gorontalo, Ketua PW Salimah Provinsi Gorontalo, Siti Rahmi Masie. Rahmi menegaskan bahwa program Salimah adalah proyek di jalan Allah. Kerja-kerja ini adalah milik bersama yang akan menguatkan persaudaraan antar pengurus dan target program.

Dilaksanakan secara online menggunakan media zoom meeting, kegiatan sosialisasi dimulai pukul 20.00 WITA dan diakhiri pada pukul 22.30 dengan kegiatan tanya jawab.