Kartini Masa Kini Peduli Lingkungan, Tuang Cairan Eco Enzym di Situ Plaza

by -22 Views

“Kita jaga alam, alam jaga kita!”

Riuh suara itu terdengar di tengah gemericik hujan di pelataran Situ Plaza Cibinong. Jum’at siang kemarin, 22 April 2022, puluhan muslimah berseragam ungu bernaung di tenda-tenda merayakan dua hari nasional sekaligus. Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April dan setelahnya Hari Bumi di tanggal 22 April.

Mengambil tema Kartini Masa Kini Peduli Lingkungan, PD Salimah Kabupaten Bogor menggelar sebuah kegiatan yang cukup menggebrak. Jauh dari gambaran bahwa para kartini ini hanya memenuhi ruang emansipasi, tapi berkreasi lebih jauh mendampingi lingkungan di sekitarnya.

Melalui KPSPL (Komunitas Perempuan Sehat Peduli Lingkungan), sebuah komunitas yang berada di bawah Departemen Pendidikan dan Pelatihan, siang itu dilakukan kegiatan penuangan cairan eco enzym ke dalam Situ Plaza Cibinong. Harapannya, itu akan membersihkan air danau dan mengembalikan fungsinya sehingga habitat di dalamnya akan terjaga.

“Ini bagian dari sedekah kami kepada bumi,” tandas ketua KPSPL, ibu Septina Maryani, S.Si., M.Si. Cukup 1 mililiter eco enzym untuk menetralkan 50.000 mililiter air. Dan siang itu, hampir 100 liter eco enzym dituangkan.
Seperti diketahui, eco enzym adalah cairan yang dihasilkan dari sampah basah rumah tangga. Terbuat dari air, gula dan sisa kulit buah-buahan atau sayuran, tersulap menjadi cairan yang banyak manfaat. Dari pembuatannya pun, para ibu otomatis akan belajar memilah sampah dan tentunya semakin sadar untuk menjaga lingkungan.

Ibu Nur Laela Turohmah selaku ketua PD Salimah, dengan berkebaya ungu menyampaikan bahwa insyaallah ini akan menjadi kegiatan rutin Salimah. Tidak hanya di Situ Plaza Cibinong, tapi juga di wilayah perairan lainnya di kabupaten Bogor. Beliau berharap, Salimah bisa menjadi mitra pemerintah dalam mendukung lingkungan yang sehat bagi masyarakat.

Selaku lembaga pemerintahan yang bertanggung tentang lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Dalam sambutan Kepala Dinas yakni Bapak Ade Yana Mulyana, S.H. yang dibacakan oleh Ibu Surya Sumini selaku sub koordinator kemitraan dan peran serta masyarakat, dengan tegas beliau menyambut peran Kartini era baru yang sigap dan berperan aktif di masyarakat.

Tema hari bumi di tahun 2022 ini adalah “Invest in Our Planet” yang bertujuan untuk mengajak semua orang, pemerintah dan perusahan untuk mengambil langkah nyata dalam mendukung lebih banyak bisnis yang dalam sistem peroduksinya menggunakan cara yang ramah lingkkungan. Hari bumi sendiri dirayakan sebagai momentum masyarakat global dalam misi penyelamatan bumi dari kerusakan yang ditimbulkan oleh aktifitas manusia.

Selain memaparkan betapa baiknya program penuangan cairan eco enzym ke perairan, beliau juga menyampaikan penghargaan dan dukungan kepada perempuan-perempuan yang telah melakukan pencapaian luar biasa. Ke depannya, diharapkan dapat mendorong lebih banyak lagi perempuan untuk memimpin langkah-langkah pelestarian lingkungan hidup.

Insyaallah Salimah akan selalu menjadi bagian dari seluruh proses perbaikan, apapun itu. (NF)