Sambutan Ketua Umum pada Halal bi Halal PP Salimah 1443 H

by

QS 2:168 merupakan ayat yang memunculkan kata halal pertama kali. Dimensinya adalah dimensi sosial. Ditujukan kepada seluruh manusia, berisi perintah agar menyebar dan berbaur, tidak ekskusif. Setelah diperintahkan untuk bertebaran, lalu mereka diingatkan untuk saling menghalalkan.

Saling menghalalkan sangat perlu mengingat interaksi dengan beraneka ragam karakter dan suasana akan menyebabkan risiko terjadinya gesekan. Maka dengan halal bi halal, tali yang rumit dan ruwet akan kembali menjadi lurus.

Selama Ramadhan Allah memberi kesempatan untuk fokus beribadah, terutama di 10 hari terakhir. Kita berharap Salimah sebagai organisasi dan sebagai pekerjaan dakwah benar-benar didukung oleh pengurus yang telah menempa diri untuk mencapai kualitas keimanan dan ketakwaan yang diinginkan.

Dengan halal bi halal di situasi yang masih kinclong setelah memoles diri dengan ibadah di bulan Ramadhan, kita lanjutkan pekerjaan. Kerja  dilaksanakan setelah tercapai kehalalan, yaitu halal yang memunculkan harmoni, rasa nyaman, dan bersihnya hati. Saatnya melaksanakan kerja-kerja yang ihsan untuk mencapai visi Salimah.

Allah menyediakan Ramadhan setiap tahun. Berpedoman pada QS 2:183-187, kita diarahkan menjadi hamba yg bertakwa, bersyukur, serta mengantarkan masyarakat pada jalan yang lurus sehingga makin meningkatkan iman dan takwa mereka. Ayat-ayat di atas mengajarkan bahwa takwa tidak hanya diraih oleh diri sendiri. Namun ada amanah untuk mengajak masyarakat sehingga mereka juga akan menggapai derajat takwa. La’allakum tattaqun berlanjut dengan la’allahum yattaqun, taqwa dalam tatanan sosial kemasyarakatan.

Salimah mulai bergerak dalam suasana harmoni, nyaman, dan saling kasih sayang.

Beberapa agenda Salimah dalam waktu dekat  akan mengadakan Lokakarya Nasional (Loknas). Selain itu, ada pula kegiatan kerjasama dengan BPOM dan BI.

Salimah berfokus pada optimalisasi program kerja, LKS, dan kemitraan dalam rangka menjalankan amanah, yaitu mewujudkan visi organisasi, pertumbuhan struktur, dan rekrutmen anggota.