Salimah Klaten Luncurkan KPPL

by

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten menggelar seminar “Pengelolaan Sampah” dan meluncurkan Komunitas Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL) pada Ahad, 12 Juni 2022.

Bertempat di Balai Desa Kadibolo, Wedi, Klaten acara dihadiri oleh Ketua PD Salimah Klaten beserta perwakilan pengurus, Ibu Kepala Desa (Kades), tamu undangan, dan perempuan yang tergabung dalam komunitas tersebut, dengan total lebih dari empat puluh peserta.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Salimah. Dalam sambutannya, Ibu Kades Kadibolo, Siti Marwiyah, A.Md., menyampaikan terima kasih kepada pengurus PD Salimah Klaten dan para peserta yang hadir.

“Saya berharap semoga acara ini penuh berkah dan mampu memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai pengelolaan sampah agar masalah tersebut terurai,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PD Salimah Klaten, Anna Wijayanti, S.Kep.Nurs. menyamoaikan bahwa PD Salimah Klaten sebagai organisasi sosial dan keagamaan memiliki 24 cabang dan satu ranting, serta memiliki berbagai program unggulan.

“KPPL merupakan salah satu program pemberdayaan perempuan bidang lingkungan dengan salah satu kegiatannya tentang pengelolaan sampah. Kami berharap hadirnya Salimah di Kabupaten Klaten mampu berkontribusi dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat,” paparnya dengan lugas.

Anis Veranita, S.Pi, M.Eng sebagai narasumber seminar banyak memaparkan tentang sampah dan cara pengelolaannya.

“Permasalahan sampah menjadi masalah pelik karena terus menerus diproduksi oleh manusia.
Kita tidak hanya memilah sampah, tapi juga harus bisa mengolah sampah. Sebagai contoh untuk sampah plastik kita bisa lakukan 4 R: Reduce (mengurangi sampah plastik), Reuse (menggunakan kembali plastik bekas), Recycle (mendaur ulang plastik), dan Refuse (tidak menggunakan kemasan plastik),” ungkapnya dengan penuh semangat.

Agenda diakhiri dengan peresmian dan pelantikan pengurus KPPL Desa Kadibolo. Susunan pengurus KPPL terdiri dari, Ketua: Tri Purwanti, Sekretaris: Ridha Rehantin, Bendahara: Siti Nur Jannah, anggota: Supiyati, Maryati, Maryatun, Suyamti. Semoga bermanfaat.

Prembayun Miji Lestari (Kahumas PD Salimah Klaten)