Salimah Kabupaten Bogor Hadiri The 1st International Conference on Women and Sharia Community Empowerment

by -90 Views

Jakarta (11/8) – Pemberdayaan perempuan menjadi strategi penting untuk meningkatkan peran perempuan agar lebih mampu mandiri dan berkarya guna mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional, sekaligus mengakselerasi inklusi ekonomi.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk memperkuat peran para komunitas perempuan dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional, Bank Indonesia menggandeng ormas perempuan salah satunya adalah Salimah (Persaudaraan Muslimah) melaksanakan “The 1st International Conference on Women dan Sharia Community Empowerment”

Acara dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, dalam sambutannya Ia menyampaikan tersapat 4 langkah dalam mengakselerasi pengembangan pelaku usaha syariah perempuan untuk meningkatkan kemandirian dan keberlanjutan usaha. Pertama, mendorong peran dan komunitas perempuan untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui penguatan kapabilitas pelaku usaha syariah khususnya di sektor makanan halal dan fesyen muslim serta perluasan jejaring. Kedua, mendorong pendampingan aspek usaha maupun syariah secara end to end dan terintegrasi. Ketiga, mengakselerasi digitalisasi dan keempat penguatan sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan peran perempuan sangat penting baik dalam skala rumah tangga maupun ekonomi nasional, berbagai program seperti pembiayaan dengan subsidi bunga menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan UMKM.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Menteri Koperasi dan UKM yang diwakili oleh Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Azizah, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diwakili oleh Deputi bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI, Leni N Rosalin. Keduanya menyampaikan dukungannya melalui berbagai program pemerintah guna peningkatan kapasitas dan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Memasuki acara Talkshow Ketua Umum Salimah Etty Praktiknyowati menjadi salah satu narasumber The Role of Sharia Women Community to Support Halal Food and Fashion Ecosystem,dalam materinya beliau memaparkan Peran Kelembagaan Koperasi Dalam Mendukung Ekosistem Rantai Halal

The 1st International Conference on Women and Sharia Community Empowerment akan berlangsung pada 11 – 12 Agustus 2022.

Di kegiatan ini Salimah juga melibatkan binaan pelaku usaha syariah perempuan yang bergerak di sektor makanan halal juga fesyen muslim.