Salimah Sulsel Gelar Sabil@ “Muslimah dan Media Sosial”

by -28 Views

Makassar (26/11) – Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW Salimah) Sulsel menyelenggarakan Salimah berbagi Ilmu (Sabil@) secara online via Zoom Meeting. Sabtu (26/11/22). Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan komunitas Kabar Surga.

Salimah berbagi ilmu kali ini mengangkat tema “Muslimah dan Media Sosial” dengan Narasumber Ketua PW Salimah Sulsel, Aisyah Ilyas. Kegiatan dihadiri oleh pengurus Salimah dari berbagai daerah, anggota salimah, dan binaan majelis taklim Salimah.

Acara dipandu oleh Muhlisa sebagai moderator yang merupakan salah satu pengurus PD Salimah Kota Parepare.

Ketua Departemen Humas PW Salimah Sulsel, Arifah Halim, menyampaikan bahwa Sabil@ merupakan salah satu program unggulan Salimah yang merupakan program dari Departemen Humas.

“Tema kita kali ini membahas tentang Muslimah dan Media Sosial. Media sosial telah menjadi salah satu kebutuhan penting hampir setiap orang. Tentunya media sosial ini memberikan dampak yg besar, baik itu positif maupun negatif.Untuk itu para Muslimah, hendaknya memanfaatkan media sosial ini menjadi sesuatu lebih bermanfaat ,lebih bermakna, dan lebih berkarya untuk dakwah dan masyarakat,” tuturnya.

Selanjutnya, Ketua PW Salimah Sulsel, Aisyah Ilyas menyampaikan menekankan untuk para muslimah tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan media sosial.

“Pertama, pasang niat baik. Semua perbuatan termasuk berselancar di dunia maya menjadi ajang meraup pahala, tetapi juga bisa menjadi sarang dosa. Kedua, jangan menebar hoax. Berita bohong berseliweran secara massif. Jangan sembarangan mengunggah dan men-share berita/informasi sebelum memastikan kebenarannya. Ketiga, gunakan bahasa santun dan jauhi provokasi. Menjaga lisan zaman sekarang tidak sebatas menahan diri dari nihil manfaat. Lisan juga bisa diwakili oleh ketikan tangan yang ditulis di media sosial,” jelas Aisyah.

Aisyah juga menyampaikan 10 cara bijak bermedia sosial, yakni hindari berbagi informasi pribadi, selektif memilih teman dan follower, Hindari akun dan postingan negatif, berpikir dahulu sebelum berbagi, cantumkan sumber postingan, hindari kebiasaan mengeluh atau curhat, gunakan tata bahasa yang sopan, jadikan tempat untuk mengembangkan diri, perhatikan waktu berkirim pesan, dan hasilkan sebuah karya.

Acara ditutup dengan tanya jawab dan pembagian doorprize bagi peserta yang terpilih.

*Humas PW Salimah Sulsel