Kossuma Sejahtera Kabupaten Bogor Gelar RAT Perdana

by

Bogor (22/01) – Koperasi Konsumen Serba Usaha Salimah Sejahtera (Kossuma Sejahtera) sebagai koperasi di bawah naungan PD Salimah Kabupaten Bogor telah memiliki legalitas hukum yang dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia no AHU-0005454.AH.01.29.Tahun 2022.

Berdasarkan Undang-undang No 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Anggaran Dasar Koperasi, maka Kossuma Sejahtera wajib mengadakan rapat anggota tahunan (RAT). Untuk itulah, Kossuma Sejahtera menyelenggarakan RAT perdana pada hari Ahad tanggal 22 Januari 2023, di Perumahan Cipta Graha Permai, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Acara dihadiri oleh pengawas, pengurus dan anggota Kossuma Sejahtera. Ketua PD Salimah Kabupaten Bogor sekaligus Pengawas Kossuma Sejahtera, Nur Laela Turohmah, S.E. turut hadir secara online, dikarenakan ada amanah lain yang harus ditunaikan.

Dalam sambutannya Nur Laela mengingatkan kembali tujuan dalam koperasi ini, “Mari kita jadikan Kossuma Sejahtera sebagai sarana mengelola keuangan untuk kemaslahatan umat lebih banyak lagi.”

Sidang rapat anggota dimulai dengan laporan dari Ketua Kossuma Sejahtera, Anis Safitri, S.P. Beliau memaparkan mengenai keanggotaan dan jenis usaha yang sudah dijalankan. “Terima kasih kepada Ketua PC, Ketua Departemen Ekonomi PC, dan juga seluruh anggota Kossuma Sejahtera yang telah mendukung usaha Kossuma Sejahtera dengan berbelanja Salimah Food dan juga berbagai marchandise Salimah”, ujar Anis.

Selanjutnya, Bendahara Kossuma Sejahtera, Rosida Purnamasari, S.E. menyampaikan laporan keuangan dan pembagian sisa hasil usaha (SHU) sampai dengan tutup buku tahun 2022. Ia berharap ke depannya anggota Salimah semakin bertambah banyak, sehingga usaha yang dijalankan semakin berkembang.

Acara diskusi menghasilkan beberapa kesimpulan mengenai 1) besaran simpanan pokok dan simpanan wajib; 2) koordinasi pembelanjaan melalui pimpinan cabang; 3) intruksi penambahan anggota Kossuma Sejahtera dari anggota Salimah di Kabupaten Bogor.

Semoga kehadiran Kossuma Sejahtera semakin dirasakan manfaatnya bagi umat.