Hidup untuk Memilih

by -35 Views

Oleh: Ir Etty Praktiknyowati
Ketua Umum Salimah

Sehari ada 24 jam, sepekan tujuh hari, sebulan empat pekan. Ini merupakan waktu yang diamanahkan kepada manusia, mahluk yang diciptakan Allah SWT.

Setiap hari kita menemui berbagai macam pilihan dalam aktivitas kehidupan. Memilih untuk berbaring atau berdiri, berjalan atau berlari, ke kanan atau ke kiri, warna orange atau ungu, sendiri atau bersama. Bahkan dalam hal keyakinan, pilih ini atau itu.

Dan semuanya tidak ada paksaan. Karena itu, sebelum memilih, selayaknya kita sudah punya ilmu, pengetahuan, rasa, pengalaman, dan lain sebagainya, untuk menjadi pertimbangan kenapa kita memilih ini dan itu. Sebab, setelah itu kita harus memiliki keyakinan dengan pilihan itu. Tidak terganggu dengan hal-hal yang tidak produktif, seperti minder, tidak percaya diri, atau ragu-ragu dan was-was.

Kita perlu memastikan bahwa pilihan kita benar. Dengan begitu, kita yakin menjalaninya dan menjadi energi positif bagi sekitar. Kita bergairah memakai atau menjalaninya. Dan tentunya kita sedang bahagia lahir dan batin, serta bersyukur atas pilihan kita.

Menyenangkan sekali ketika kita mampu dan berani melakukan pilihan yang sesuai dengan keyakinan.

Ada doa yang dihadiahkan Allah SWT kepada kita yang memilih Islam sebagai pilihan keyakinan. Doa itu adalah “Ihdinashirothol mustaqiim” (QS Al Fatihah ayat 6). Artinya, tunjukilah kami jalan yang lurus.

Itu adalah doa sekaligus hadiah dari Allah SWT atas pilihan kita. Doa yang kita butuhkan untuk keselamatan dan kesuksesan dunia dan akhirat. Luar biasa!

Sebab, hidup tidak hanya di dunia saja. Ada kehidupan setelah di dunia yang harus kita jalani. Itu adalah hidup kekal yang tentunya kita ingin selamat.

Dengan daya jangkau terbatas  dan minimnya pengetahuan serta untuk efektifitas serta efisiensi kehidupan, maka kita hanya berharap petunjuk Allah SWT atas pilihan yang harus kita jalani bersama keluarga, sahabat, dan masyarakat, sehingga memberikan dampak dan manfaat yang lebih luas dan lebih banyak.

Kita berharap, setiap pilihan akan membawa keberkahan yang melimpah.