Salimah Bojonggede Bersama UMKM dan Kampus BSI Adakan Pelatihan Pengemasan Produk

by -32 Views

Bogor (15/3) – Pengemasan produk yang menarik tentu dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Dengan mengemas produk sedemikian menarik, penjual dapat meningkatkan harga jual dan kualitas produk mereka.

Pentingnya hal tersebut mendorong tim departemen ekonomi Pimpinan Cabang (PC) Persaudaraan Muslimah (Salimah) Bojonggede, Kabupaten Bogor memberikan pelatihan pengemasan produk kepada kurang lebih 62 peserta pada Sabtu (11/3/2023).

Acara digelar di Rumah Singgah Yatama Dhuafa, perumahan Bojong Depok Baru 1, Kelurahan Kedung Waringin, kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Ketua departemen ekonomi PC Salimah Bojonggede, Tri Prayudhani mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasamanya dengan beberapa pihak, diantaranya para pelaku UMKM di Kecamatan Bojonggede dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Bogor.

“Alhamdulillah beberapa waktu lalu kami mendapatkan penawaran kerjasama dari LPPM BSI Bogor untuk mengadakan pelatihan pengemasan produk. Kebetulan kami juga mempunyai teman-teman dan binaan di UMKM, maka kami ajak serta,” kata Tri.

Ia juga menambahkan jika tujuan diadakannya acara ini untuk membekali pelaku usaha dengan ilmu bagaimana cara mengemas produk yang baik dan menarik agar bisa meningkatkan omzet penjualan.

“Kalau omzet penjualan naik, kan kesejahteraan pelaku usaha juga meningkat, harapannya ya kebutuhan pangan, sandang, papan bisa terpenuhi,” tambah Tri.

Ketua PC Salimah Bojonggede, Yati Kusumawati yang juga turut hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa Salimah sebagai ormas wanita, peduli terhadap peningkatan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia.

“Salimah adalah ormas wanita yang bergerak di segala bidang, salah satunya bidang ekonomi. Kegiatan hari ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami untuk meningkatkan kualitas ibu-ibu semua, agar bisa membantu perekonomian keluarga,” terangnya.

Yati juga mengungkapkan rasa syukurnya bahwa PC Salimah Bojonggede hingga bulan ini menempati urutan pertama dengan omzet penjualan Salimah Food terbanyak se-kabupaten Bogor dan melebihi target penjualan.

Sementara itu, pelatihan cara mengemas produk yang menarik disampaikan oleh Ketua umum dan bendahara forum UMKM Kecamatan Sukaraja, Eni Yuniati dan Dewi Afrina.

Eni Yuniati merupakan pemilik usaha Adelya’s cake and cookies, sedangkan Dewi Afrina adalah pemilik usaha Gunfalish.

Peserta pun langsung mencoba mempraktekkan di tempat cara mengemas produk agar menarik.

Perwakilan LPPM Universitas BSI Bogor, Hasanudin menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah program pengabdian masyarakat, dan pihaknya menyatakan terima kasih kepada Salimah yang sudah memfasilitasi acara.

“Kegiatan ini adalah program kami untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat berupa bimbingan dan pendampingan usaha. Terima kasih kepada mitra kami, Salimah Bojonggede yang sudah memfasilitasi acara ini. Antusias peserta hari ini sangat luar biasa,” terang Hasanudin.
[AM/Salimah]