Partisipasi BKOW Jabar Dalam Mengawal Pemilukada 2018

by

Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat (Bawaslu Jabar) menyelenggarakan acara sosialisasi pemilukada Jabar dengan tema ‘Sosialisasi Kerjasama Pengawasan Partisipatif Pemilukada Jabar 2018’. Acara ini menghadirkan Organisasi Wanita se Jawa Barat yang tergabung dalam Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW Jabar) di Hotel Savoy Homann Bandung (15/11/2017).

Salimah sebagai ormas perempuan yang tergabung dengan BKOW Jabar turut hadir bersama ratusan orang dari berbagai organisasi yang tergabung dalam BKOW Jabar.

Bawaslu sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu yang tugas utamanya mengawasi penyelenggaraan pemilu di wilayah Indonesia, baik itu pilkada Gubernur, bupati/wakil bupati, dan walikota/wakil walikota di kota dan kabupaten se Indonesia.

Wasikin selaku kordinator pengawas pemilu dalam paparannya menyatakan, “Partisipasi ormas perempuan dalam pelaksanaan Pemilu sangat penting, karena pada pelaksanaan Pemilu setengah pemilihnya adalah kaum wanita. Kami mengajak ibu-ibu menjadi Relawan Bawaslu, agar penyelenggaraan Pemilukada 2018, berjalan sesuai Aturannya.”

Dia mengatakan juga bahwa tugas ibu-ibu sebagai relawan yang pertama, mengecek data pemilih di daerah masing-masing, kedua pemutahiran data pemilih sesuai KTP domisili, ketiga memotivasi semua peserta pemilu berlaku jujur dan adil, keempat No Money Politic. Baik pelaku dan penerima bila tertangkap akan dikenai sangsi penjara selama 36 bulan dan bayar denda 200 juta. Pasangan Calon peserta bisa didiskualifaksi, apabila telah menyalahi aturan pemilu.

Disampaikan juga Pilgub Jabar merupakan Pilgub terbesar di Indonesia, karena telah mengeluarkan dana APBD 1,6 triliun untuk penyelenggaraannya. Disamping itu jumlah pemilih terbesar sekitar 33 juta pemilih, dengan setengahnya pemilih adalah kaum wanita.

Tahapan pemilihan Gubernur dimulai sejak Nopember 2017. Dimana para peserta penyerahan dukungan Pilgub pada tgl 22 nopember 2017. Kemudian pemutahiran data Pemilih 30 desember 2017 s.d 19 april 20. Juni 2018 pencoblosan di tiap TPS daerahnya masing masing dan diawasi oleh Bawaslu.

Salimah yang juga merupakan anggota BKOW akan turut berpartisipasi pengawasi jalannya Pemilu, karena Pemilukada adalah milik semua Rakyat Indonesia.

Tety Humas Media Salimah Jabar (Iin)