Halal Center Salimah Sosialisasikan Cara Mendapatkan Sertifikat Halal dan PIR-T

by -85 Views

Jakarta (6/10) – Halal Center Salimah (HCS) melaksanakan Sosialisasi Keamanan Pangan dan Cara Mendapatkan Sertifikat Halal dan PIR-T untuk UMKM. Kegiatan dilangsungkan pada Jumat (6/10) secara daring dan diikuti oleh pelaku UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut Ketua HCS, Rosdiana, sosialisasi menghadirkan fasilitator nasional dari Badan POM dan ormas Persaudaraan Muslimah (Salimah).

“Narasumber sosialisasi ini adalah fasilitator nasional dari BPOM dan Salimah. Tujuannya untuk memberi pemahaman tentang halal dan keamanan pangan kepada pelaku usaha UMKM.” Demikian penjelasan Rosdiana di sela-sela acara.

Ia juga menyebutkan pentingnya pelaku usaha pangan mengikuti sosialisasi ini.

“Menjadi kebutuhan pelaku usaha pangan untuk memiliki pemahaman tentang cara produksi pangan olahan yang baik, bahan tambahan pangan yang aman, izin edar, label dan kemasan, serta sertifikasi halal,” katanya.

Karenanya, Salimah berusaha menyebarluaskan informasi tentang hal tersebut melalui sosialiasi, edukasi, dan bimbingan teknis.

Antusiasme peserta terlihat ketika empat narasumber memaparkan materinya. Dimulai dari fasilitator BPOM, Rita Sumiati yang menjelaskan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik dan Umi Kalsum dengan topik Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.

Dilanjutkan dengan fasilitator dari Salimah, SIti Haifa yang memaparkan Bahan Tambahan Pangan dan Label Produk serta Rosdiana dengan materi Halal Awareness dan Sertifikasi Halal Self Declare.

Selesai mengikuti acara, peserta diharapkan memahami konsep kehalalan dan keamanan pangan.