Ingin Jantung Sehat dan Kuat, Lakukan Enam Hal Ini

by -92 Views

Tulungagung (12/11) – Anda ingin jantung sehat dan kuat? Dokter Spesial Jantung dan Pembuluh Darah RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Fitranti Laitupa, Sp. JP, berbagi tips jantung sehat dan kuat kepada peserta Sekolah Lansia Salimah Tulungagung pada Ahad (12/11) di sekretariat Salimah Tulungagung, Klinik Cordova.

Fitranti menjelaskan, ada enam tips yang perlu dilakukan agar jantung sehat. Pertama, mengecek kesehatan secara berkala. Pengecekan ini berfungsi untuk mengetahui dan mengukur kesehatan fisik tubuh.

“Setidaknya kita mengecek kesehatan setahun sekali untuk pencegahan penyakit sejak dini. Pengecekan kesehatan meliputi cek tensi darah, gula darah, kolesterol, rekam jantung dan treadmill.”

Kedua adalah mengenyahkan rokok. Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 4000 zat kimia, 200 jenis di antaranya bersifat merusak tubuh sehingga memicu terjadinya beberapa penyakit.

“Rokok elektrik sama bahayanya dengan rokok biasa, jadi sebaiknya menghindari keduanya,” terang Fitranti.

Ketiga adalah aktivitas fisik atau olahraga. Untuk menjaga jantung sehat, lakukan olahraga lima kali seminggu dengan durasi 30 menit. Jika olahraga teratur dilakukan dalam tiga bulan akan terasa manfaatnya, yakni terhindar dari penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan hipertensi. Dengan olahraga teratur, berat badan terkendali, otot lebih lentur dan tulang lebih kuat, bentuk tubuh lebih bagus, lebih percaya diri, bugar, sehat dan bertenaga.

Keempat adalah melakukan diet sehat gizi seimbang. Yaitu diet yang tetap mengonsumsi semua yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang seimbang serta dibutuhkan oleh tubuh. Diet ini juga dengan mengurangi lemak, gula, dan asin.

“Garam yang disarankan untuk dikonsumsi sehari semalam adalah 1 sendok teh. Garam di sini juga termasuk micin dan MSG. Dengan diet rendah garam, akan menghindarikan diri dari hipertensi karena hipertensi memberikan efek tidak langsung yang bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, ginjal, dan darah tinggi.”

Kelima adalah istirahat cukup agar tubuh dan pikiran kembali segar. Untuk orang dewasa, kita perlu tidur 8 jam sehari. Delapan jam itu adalah akumulasi antara tidur siang dan tidur malam.

Terakhir adalah mengelola stress, yaitu kondisi dan situasi yang menekan. Stress dapat menyebabkan jantung tidak sehat dan metabolisme tidak baik untuk tubuh kita.

Untuk mengatasi stress dan mencapai jiwa yang sehat, Fitranti menyarankan untuk berpikir positif dengan melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan, menjaga kesehatan dengan berolahraga, aktivitas fisik yang teratur, tidur cukup, dan makan bergizi seimbang. Kita juga perlu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menenangkan pikiran dan relaksasi, dan mendekatkan diri kepada Allah. (fat)