Salimah Sulsel Gelar Wisuda Santri BQS dan Seminar Parenting

by -162 Views

Makassar (03/03). Baitul Qur’an Salimah (BQS) merupakan salah program Unggulan Salimah yang berfokus belajar membaca Al Qur’an sesuai tajwid, menghafal Al Qur’an, hadits dan doa-doa harian, memberikan pemahaman aqidah akhlaq dan ibadah yang benar.

Untuk memberikan legalitas dan penghargaan atas pencapaian yang telah diperoleh santri selama proses belajar di BQS dan setelah melalui tahapan munaqosyah (ujian), PW Salimah Sulsel menggelar Wisuda Angkatan 1 Santri Baitul Qur’an Salimah (BQS). Acara yang dirangkai dengan Seminar Parenting dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan pada Ahad (03/03).

Wisuda dan seminar kali ini mengusung tema “Generasi Qur’an, Berakhlaqul Karimah”. Tema ini dimaksudkan agar para santri tidak hanya mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, tetapi juga harus memiliki akhlaq yang baik.

Peserta wisuda kali ini berasal dari 5 BQS dengan total wisudawan 50 santri, ditambah 60 santri sebagai pengisi acara, diantaranya qasidah, nasyid, vocal grup dan tasmi’. Masing-masing santri didampingi oleh orang tua atau keluarga

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Shekh Al Mutazim Billah Al Hafidz dari Palestina yang menjadi salah satu Narasumber seminar parenting. Shekh membacakan doa yang menyentuh hati, khusus untuk saudara muslim di Palestina, dan tentu mendoakan kebaikan untuk Indonesia.

“Belajar Al Qur’an harus istiqomah. Tak ada kata putus untuk terus belajar. Lihatlah anak-anak Palestina dengan kondisi yang sangat terbatas, tapi mereka mampu menjadi penghafal-penghafal Al Qur’an. Dan saya berharap anak-anak Indonesia juga bisa menjadi generasi Al Qur’an,” pesan Shekh.

Ketua PW Salimah Sulsel, Aisyah, menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada para guru mengaji yang tak kenal lelah membimbing dan mendampingi santri hingga mampu membaca dan menghafal Al Qur’an.

“Saya begitu terharu menyaksikan penampilan semua santri BQS. Semoga Allah melimpahkan rahmatNya kepada semuanya. Dan kami dari Salimah akan terus memfasilitasi kegiatan seperti ini. Semoga semakin banyak BQS yang terbentuk di masyarakat, khususnya di Sulsel,” tutur Aisyah.

Acara ini berlangsung dengan sangat meriah, karena santri-santri tampil membawakan nasyid, lagu Indonesia Raya dan Mars Salimah, qasidah, dan tasmi Surah Annaba dengan penuh semangat dan percaya diri.

Kabag Kesra Pemkot Makassar, Mohammad Syarief, membuka acara wisuda angkatan 1 santri BQS dan Seminar Parenting.

“Anak-anakku yang sudah diwisuda, tetap belajar membaca dan menghafal. Tolong para guru untuk mencatat santrinya setelah wisuda mereka kemana, jangan sampai setelah wisuda mereka juga tiba-tiba menghilang. Di Kesra punya banyak program terkait belajar Al Qur’an. Kami sudah ada program Tahfidz weekend, ngaji lorong, tahfidz harian. Tentu semuanya gratis, tinggal berkoordinasi dengan RT/RW dan lurah setempat. Insya Allah kegiatan seperti ini yang diselenggarakan oleh Salimah akan terus kami dukung,” ujar Syarief.

Kegiatan ditutup dengan Seminar Parenting yang dipandu oleh Ketua Departemen Dakwah PW Salimah Sulsel, Susiawati. Narasumber seminar adalah Shekh Al Mutazam Billah Al Hafidz dan Fauzia, S.Pd.I, M.Pd.

Meskipun berlangsung singkat, diharapkan seluruh orang tua yang hadir memotivasi anak-anaknya untuk terus belajar dan menghafal Al Qur’an.

Kontributor : Humas Sulsel