Salimah Jakarta Gelar Up Grading para Guru PAUD

by

PW DKI

Jakarta, (24/4)- Pimpinan Wilayah (PW) Persaudaraan Muslimah (Salimah) DKI Jakarta mengadakan acara up grading bagi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di sekitar Kelurahan Kalibata dan Duren Tiga Jakarta Selatan pada Sabtu (23/4).

Acara tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang arti dari kehadiran guru PAUD di tengah anak-anak. Apabila kehadiran mereka di tempat mengajar benar-benar dilakukannya dengan tulus dan ikhlas dan memberi contoh akhlaj yang baik, maka murid-murid yang diajarkanpun akan menerima dengan sepenuh hati pula.

Tema yang diangkat adalah “Menjadi Guru yang menyenangkan dan dicintai”.
Acara tersebut dibuka oleh Trias Ambarwati selaku ketua PW Salimah DKI Jakarta, dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh DR. Heni Lestari, SPd. Dalam pemberian materinya beliau sangat komunikatif sehingga peserta dengan sangat antusias mengikutinya.

Inti yang disampaikan adalah apabila guru mengajar dengan cinta, tulus dan ikhlas kepada murid dan juga selalu berpikir positif kepada siapapun maka semua akan mudah dijalankan.

“Para guru PAUD bisa mendapatkan lebih banyak berkah dari ilmu yang diberikan kepada murid-muridnya, apalagi didukung dengan rajin sholat malam dan selalu tilawah Qur’an,” tutur Heni.

Ia pun berharap, semoga para murid kelak akan selalu mendoakan gurunya, meskipun sudah sekolah di tingkat yang lebih tinggi.

Dalam penyampaian materinya, doktor yang aktif di bidang pendidikan ini menyebutkan bahwa ada 3 hal yang akan dibawa menghadap Ilahi yaitu : amal sholeh, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya. Tampaklah wajah berbinar dari peserta sehingga menjadikan lebih semangat mengajar.

Materi diselingi dengan permainan dan pembagian door prize, sehingga tidak membosankan.

Kunci sukses menjadi guru yang menyenangkan dan dicintai adalah tulus dan ikhlas karena Allah SWT, dan selalu mohon bantuan kepada Allah.

Suksesnya pendidikan, tentukan oleh seorang guru bagaimana cara menguasai situasi kelas, para guru mampu membawa situasi yang serius namun santai. Selalu berusaha agar siswa senang dan bergembira dalam belajar dan jangan anak merasa tertekan.

Dalam kesempatan terakhir beliau menambahkan bahwa Pendidikan Karakter dimulai dari hati.

Sebagai penutup dari acara Ustadzah Intan memberikan taushiah tentang pentingnya aqidah dalam mendidik anak-anak. Sebagai kelanjutan dari acara peserta berharap agar kegiatan bisa berlanjut secara rutin.

Semoga dengan pertolongan Allah dan kerja dari Tim Salimah DKI bekerja sama dengan para tokoh acara demikian bisa konsisten dijalankan. Amin.

Humas Salimah PW DKI Jakarta