GEN Salimah, Mengelola Ekonomi Keluarga

by

Oleh: Etty Praktiknyowati
Ketua Umum Salimah

Belanja adalah sebuah proses pengambilan  keputusan. Pengambilan keputusan dilakukan setelah memperoleh sekian informasi yang dijadikan pertimbangan dalam memilih.

Dari mana sumber uang belanja dan kemana uang belanja disalurkan? Inilah yang dikelola sebagian para emak, bunda, mama, umi dan mbak-mbak.

Bagi para pelaku industri, perempuan adalah objek strategis. Hal ini karena perempuan merupakan pengambil keputusan dalam menentukan produk apa yang akan dikonsumsi oleh keluarga.

Sebagai pengelola keuangan keluarga, perempuan memegang peran yang sangat strategis.

Uang di tangan bisa lenyap tidak berbekas bahkan menjadi musibah manakala hawa nafsu dan godaan syetan menguasai kepala dan hati.

Namun, uang di tangan akan membawa pada kehidupan indah penuh barokah manakala keputusan belanja mengalir menjadi aliran yang bisa dirasakan oleh petani, produsen, pedagang, dan masyarakat duafa. Dalam hal ini, uang tidak beredar di situ saja atau di sekelompok orang kaya saja.

Atas dasar itulah Salimah bersama para UKM perempuan berhimpun dalam sebuah wadah koperasi. Kami berkeinginan agar uang dapat beredar merata di masyarakat melalui kegiatan bisnis dan kegiatan sosial. Dengan demikian, tujuan terciptanya kesejahteraan yang merata di masyarakat akan dapat dicapai, insya Allah.