Bersempena Hari Ibu, Salimah Rokan Hulu Gelar Pelatihan Keluarga Sakinah, Sehat dan Mandiri

by -32 Views

Rokan Hulu (18/12) – Memperingati Hari Ibu Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Desember, PD Salimah Rokan Hulu menggelar acara pelatihan keluarga sakinah, sehat dan mandiri. Acara dilangsungkan pada Ahad (18/12) di Aula SMK Inayah Ujung Batu.

Ketua PD Salimah Rokan Hulu, Tina Rumiyati,  SPd. MSc., menerangkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan ketahanan keluarga menuju keluarga berkualitas. Berkualitas yang dimaksud meliputi kualitas secara spiritual, kesehatan, dan mandiri secara ekonomi.

Melalui kesempatan ini juga, Tina juga mengajak para ibu yang mengikuti pelatihan untuk bersedia menjadi anggota Salimah dan anggota Kossuma (Koperasi Syari’ah Serba Usaha Salimah) Rokan Hulu.

Ia mengungkapkan rasa syukur bahwa hingga saat ini telah terbentuk 10 PC di kabupaten Rokan Hulu. Tina berharap, semua anggota bergerak dengan hati sesuai dengan warna logo Salimah yaitu ungu, yaitu warna jiwa.

“Jadi seluruh anggota Salimah itu harus berkerja dan bergerak dengan jiwa, karena panggilan jiwa. Karena siapa lagi yang akan bergerak meningkatkan kualitas perempuan kalau bukan kita para perempuan?” Tutur Tina.

Narasumber pertama, Hj. Dewi Rochmawati Siregar, Lc, selaku menyampaikan bahwa ibadah terlama adalah berumah tangga. Kerana itu, ia mengingatkan untuk mencari pasangan yang siap untuk selalu belajar dan berbenah. Dewi juga memaparkan tentang tujuan pernikahan, fase-fase pernikahan, konflik, dan manajemen konflik pernikahan.

Selanjutnya, narasumber kedua, H. Sutrisno Badroen, Lc. MA., menyampaikan tentang keluarga sehat dan mandiri. Ia memaparkan lebih dalam bagaimana menjadi keluarga yang sehat secara fisik, mental, spiritual, sosial, dan finansial.

Sebanyak 135 peserta yang mengikuti pelatihan sangat antusias. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab, pembagian doorprize, dan sesi foto bersama.