Salimah Bojonggede Gelar Santunan Rutin untuk Yatim Dhuafa

by -41 Views

Bogor (19/12) – Dalam Islam, menyantuni dan memuliakan anak yatim merupakan akhlak yang utama. Bahkan dalam hadisnya, Rasulullah menyandingkan dirinya dengan orang yang memelihara anak yatim di surga seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah.

Hal inilah yang melatarbelakangi Pimpinan Cabang Persaudaraan Muslimah (PC Salimah) Bojonggede merangkul anak yatim dan dhuafa dalam Program Pembinaan Anak Yatim dan Dhuafa (P2AYD). Salah satu program unggulan Departemen Dakwah di PC Salimah Bojonggede ini telah berjalan kurang lebih 7 tahun. Santunan rutin yang dilaksanakan tiap bulan adalah salah satu kegiatannya.

Seperti pada acara santunan rutin yang digelar Ahad sore (18/12/2022) di kediaman Tri Prayudhani, Kedung Waringin, Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Pada acara ini, sebanyak 50 orang yang hadir dari 60 anak yatim dhuafa diberikan santunan berupa uang tunai. Acara diawali dengan membaca hafalan surah pendek Al Qur’an bersama-sama, yang dilanjutkan dengan sambutan.

Koordinator bidang P2AYD PC Salimah Bojonggede, Mujinah, yang hadir dalam acara tersebut mengajak anak-anak untuk selalu bersemangat dalam beribadah.

“Ibu berharap anak-anak disini semua semangat ya dalam ibadahnya. Jangan lupa ngaji nya juga harus rajin, dan senantiasa berbuat baik di kehidupan sehari-hari,” ungkap Mujinah.

Sementara itu, pembina P2AYD PC Salimah Bojonggede, Tri Prayudhani, juga memberikan tausyiahnya tentang ciri-ciri wanita surga.

“Ciri-ciri wanita surga itu diantaranya beriman dan bertakwa kepada Allah, ihsan, ikhlas, dan berbakti kepada orang tua,” kata Tri.

“Gemar membaca Al Qur’an, menghidupkan amar ma’ruf nahi mungkar, menyambung tali silaturahmi, berinfak, menjaga lisan, menepati janji serta adil dalam setiap perkara,” sambungnya lagi.

Di P2AYD PC Salimah Bojonggede ini, selain anak yatim dan dhuafa diberikan santunan rutin bulanan, ibu maupun wali anak tersebut juga diberikan pembinaan berupa pengajian rutin tiap pekannya. Tujuannya tak lain adalah agar senantiasa menjaga ketakwaan mereka kepada Allah dalam kondisi sesulit apapun.

Pemberian santunan kepada satu per satu anak yang hadir, pembacaan do’a dan foto bersama pun menjadi penutup rangkaian acara tersebut. [AM/Salimah]