Memperluas Manfaat

by -63 Views

Oleh: DR. Aan Rohanah, Lc, M.Ag.
Ketua Dewan Pertimbangan Salimah Pusat

Salimah di usia 23 saat ini sudah dewasa. Harus mampu memperluas manfaat tidak hanya di kota-kota besar. Akan tetapi sudah saatnya sampai ke tingkat ranting di desa dan kelurahan. Sebab, masyarakat yang paling banyak mengalami kehidupan yang susah berada di desa.

Strategi untuk memperluas manfaat:

  1. Jadikan memperluas manfaat sebagai tujuan hidup.

Semakin banyak kita memberi manfaat, pada hakikatnya, akan membesarkan kita sendiri. Seberapa banyak kita memberi manfaat melalui Salimah, otomatis Allah mengangkat kita, sekaligus Salimah. Semakin kita bertambah usia dan semakin banyak memberi manfaat, Allah akan mengangkat derajat dan membersarkan kita sebagai orang yang beramal.

Semakin banyak manfaat yang kita berikan, Allah makin banyak memberikan modal kepada kita. Semakin mendapat kesulitan, makin banyak modal yang diberikan Allah agar kita bisa keluar dari kesulitan tersebut.

Berharap semoga Allah mudahkan hingga semua punya kantor, memiliki tempat-tempat belajar baca Al Qur’an, dll.

“Siapa yang melapangkan seorang mukmin dari kesusahan dunia, niscaya Allah melapangkan baginya kesusahan pada hari kiamat. Siapa yang memberi kemudahan kepada orang yang dilanda kesulitan, niscaya Allah memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat.” (Al Hadits).

Hasil muktamar adalah menjadikan Salimah ormas 3 besar. Untuk itu, seluruh struktur dari PP PW PD PC hingga PRa harus berlomba memperluas manfaat.

  1. Tanamkan prinsip bahwa memperluas manfaat berarti memperbanyak amal soleh.

Memberi manfaat sebanyak-banyaknya merupakan kesempatan dari Allah. Saat kita mengorbankan waktu, tenaga, materi di jalan Allah, itu adalah cara Allah memberi kesempatan bagi kita untuk memperbanyak amal soleh.

Allah memerintahkan kita mencari akhirat terlebih dahulu sebelum dunia. Jika kita mencari akhirat, Allah akan beri dunia untuk kita.

  1. Memperluas wawasan dan berpikir terbuka.

Ketika globalisasi menjadi dunia kita, manfaatkan momen itu. Global berarti kaffah. Buka wawasan seluas-luasnya, termasuk yang datang dari pihak luar.

Salimah harus melaksanakan kursus, pelatihan, diskusi. Wawasan yang diprogram akan menambah semangat. Lakukan peningkatan wawasan secara tersistem oleh organisasi. Luaskan pengetahuan dengan mengembangkan pikiran yang terbuka.

  1. Tingkatkan derajat sehingga kita bisa berdiskusi dengan para ahli.
  2. Gunakan digital n teknologi.
  3. Tingkatkan hubungan sosial dengan bersilaturrahmi.
  4. Memperbanyak jaringan.
  5. Memanfaatkan potensi.
    Jangan batasi potensi hanya di tingkat internal saja, tetapi manfaatkan jaringan eksternal.
  6. Jangan tergantung pada uang.
  7. Laksanakan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  8. Kreatif n inovatif.

Manfaat

  1. Manfaat artinya berguna dan maslahat sesuai syariat atau sesuai nilai-nilai kemanusiaan, manfaat dunia dan akhirat.
  2. Menghindarkan dari bahaya.
  3. Meringankan kesulitan.
  4. Perbaikan dan perubahan.