Salimah Dampingi Pemkab Tulungagung Terima Tim Evaluasi Kabupaten Layak Anak

by -21 Views

Tulungagung (20/6) – Ketua PD Salimah Kabupaten Tulungagung, Lilik Handayani, turut mendampingi Pemkab menerima tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI pada Selasa (20/6/2023) siang di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa Tulungagung, Jawa Timur. Tim verifikasi datang untuk melakukan evaluasi dan verifikasi lapangan Kabupaten Tulungagung sebagai Kabupaten Layak Anak.

Saat audiensi dengan tim verifikasi, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah anak di Tulungagung di bawah usia 18 tahun lebih dari 21 ribu. Jumlah yang sangat besar ini, menurut Maryoto, perlu mendapatkan perhatian yang lebih baik.

Komitmen itu ditunjukkan dengan terbitnya peraturan daerah terkait perlindungan anak, meningkatnya jumlah fasilitas untuk anak, serta dukungan dari berbagai instansi daerah dan ormas terhadap program-program layak anak.

“Kami mengusung program-program yang terintegrasi, tematik dan holistik. Pemda telah melakukan banyak hal, mulai dari program pencegahan stunting, pemanfaatan waktu luang anak, rekreasi ramah anak, layanan terpadu ramah anak, dan lain sebagainya,” kata Maryoto.

Lilik yang hadir bersama Dewan Pembina Salimah, Minarsih, memberikan apresiasi atas upaya Tulungagung meraih predikat Kabupaten Layak Anak 2023 kategori utama.

“Ini sesuai visi dan misi Salimah yang peduli terhadap anak. Anak adalah aset dunia dan akhirat. Oleh karenanya, anak harus kita bimbing dalam setiap perkembangannya, terutama di masa-masa kritis anak saat mencari jati dirinya. Kita perlu menyiapkan mereka menjadi generasi unggul yang bisa berkompetisi di masa depan,” tutur Lilik.

Lilik juga memberi acungan jempol kepada berbagai instansi di Tulungagung yang turut memberikan perhatian positif kepada anak-anak sehingga ketika anak ada di tempat tersebut, dia merasa nyaman tanpa ada tekanan atau ketakutan.

Tim verifikasi lapangan Kementerian PPPA ini akan melakukan verifikasi lapangan ke 10 lokasi layak anak yang tersebar di berbagai kecamatan di Tulungagung. (fat)