Pelatihan Manajemen Dapur untuk Remaja dalam SERASI Bogor

by -45 Views

Bogor (13/8) – PD Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kabupaten Bogor kembali menggelar Sekolah Pranikah Salimah Indonesia (SERASI) pada Ahad (13/8).

Program SERASI dalam segmen usia remaja yang digelar offline ini di hadiri sekitar 35 peserta didik dan memasuki sesi ke 10, bertempat di Lingkungan 2 Citatah Dalam, kelurahan Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Plt ketua Salimah Kabupaten Bogor, Nurul Fadhilah, mengungkapkan apresiasi terhadap panitia dan peserta yang telah bersama menjalankan program SERASI dengan baik. Ia menegaskan pentingnya bimbingan terhadap generasi muda agar dapat melahirkan generasi yang siap memasuki masa depan.

“Program SERASI ini juga akan membantu kalian yang sedang mempersiapkan pernikahan dengan beragam materi dan kurikulum yang telah disiapkan oleh tim Departemen Pendidikan dan Pelatihan oleh karena itu, ikuti kelas ini secara bertahap, ” ungkap Lillah.

Mengusung tema Manajemen Dapur, kegiatan yang dipandu oleh Firqih Eka Iswara menghadirkan Erni Mulyani sebagai pemateri.
Selain sebagai pemateri,wanita yang akrab di sapa bunda Erni ini juga adalah penanggung jawab dari program Serasi PD Salimah Kabupaten Bogor.

Erni memaparkan, dapur dan memasak memang terkesan dekat dengan sosok perempuan. Begitu lekat anggapan masyarakat yang memandang memasak adalah tugas kaum hawa. Padahal lelaki pun harus juga memiliki kemampuan dasar memasak.

“Memiliki kemampuan memasak akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sekalipun hanya olahan yang sederhana, memiliki banyak sekali sisi positif seperti dapat menghemat pengeluaran, mengolah makanan yang sehat, dan melatih kreativitas,” papar Erni.

Salah satu peserta yang bernama Taqi mengungkapkan kebahagiaannya mengikuti SERASI dari sesi 1 hingga sesi 10. Ia berharap SERASI dapat menjadi wadah para remaja menyiapkan diri memasuki jenjang pernikahan. Ia juga berharap SERASI dapat menjadi ajang silaturahmi dan menambah teman.

Acara semakin seru karena di sesi terakhir peserta didik diberi pelatihan memasak. Pelatihan memasak yang dibagi menjadi 4 kelompok ini mengajak peserta didik untuk mengetahui bahwa dapur menjadi tempat yang tepat untuk saling bekerja sama dan berkomunikasi. Selain itu juga merupakan tempat untuk membangun hubungan yang lebih kuat.

Sekolah Pranikah Salimah Indonesia (SERASI) dirancang untuk membimbing para remaja, pasangan yang sudah siap menikah, dan pasangan yang sudah menikah, dengan ilmu-ilmu kerumahtanggaan.

SERASI dibuat dalam beberapa segmen yaitu Serasi usia remaja, serasi matang menikah dan serasi usia dalam pernikahan. Materi-materi yang diberikan pun dari segala bidang, baik bidang agama, psikologi, kesehatan, hukum, serta ekonomi dan ketrampilan.

[Ccs/HumasPd]