Ciptakan Generasi Unggul, Salimah Kalbar Fokus Menginspirasi Ibu dan Remaja

by -407 Views

Pontianak (22/12) – Dalam rangka memperingati Hari Ibu, sebuah talkshow bertema “Ibu Bahagia, Keluarga Sejahtera, Indonesia Maju” diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah Kalimantan Barat (PW Salimah Kalbar). Kegiatan diselenggarakan untuk memberi inspirasi kepada para ibu dan remaja dalam membangun kebahagiaan di dalam rumah tangga dan menciptakan generasi unggul.

Acara dihadiri oleh puluhan ibu dan remaja yang antusias mendapatkan ilmu dari narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Ketua PW Salimah Kalbar, Dwi Nugraheni, mengatakan bahwa Salimah sebagai organisasi masyarakat memiliki peran untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak, dan keluarga Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberi edukasi yang menyasar perempuan, ibu, anak, hingga remaja.

“Salimah Kalbar terus mendorong ibu yang sehat mental, fisik, hati, dan rohaninya,” tuturnya.

Ada dua narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini.

Ustazah Nunung Husnul yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, sebagai orangtua hendaknya mempersiapkan anak atau generasi yang siap.

“Islam itu menekankan kepada kita jangan meninggalkan anak dalam keadaan lemah iman, lemah akal, dan lemah fisik,” ujarnya.

Dalam hal fisik, jelasnya, orangtua perlu memastikan kesehatan anak dengan memberi makanan yang bergizi serta menanamkan pentingnya melakukan aktivitas fisik dan olahraga.

Sementara itu, narasumber berikutnya yang merupakan Dosen Gizi Kesmas Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indah Budiastutik, mengatakan salah satu persoalan bangsa saat ini adalah stunting atau pertumbuhan terhambat pada anak. Hal ini perlu menjadi perhatian utama bagi orang tua, terutama ibu. Sebab, masa pertumbuhan anak terutama terjadi pada tahun-tahun awal kehidupan.

Stunting dapat mempengaruhi kualitas hidup anak secara keseluruhan. Anak yang mengalami stunting mungkin menghadapi kesulitan dalam berpartisipasi penuh dalam kegiatan sehari-hari dan memiliki keterbatasan dalam pengembangan kemampuan sosial.

Selain talkshow, Pada momen yang sama Salimah Kalbar dan Yakesma menyerahkan sembako kepada 20 penerima bantuan.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize.