BQS Kudus Bagikan Kisah Sukses Menghafal Al-Qur’an

by -266 Views

Kudus (9/1/2024) – Memasuki tahun baru 2024, Baitul Quran Salimah (BQS) Kudus mengadakan kegiatan muroja’ah bersama pada Ahad (7/1). Bertempat di Hasanah Building Jalan Tit Sudono Nomor 87 Wergukulon Kota Kudus, acara dihadiri sekitar 30 anggota BQS Kudus.

Ketua PD Salimah Kudus, Aeda Ernawati, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BQS memberi peluang kepada peserta untuk menjadi manusia terbaik sebagaimana hadits nabi yang artinya sebaik-baik orang diantaramu adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an.

Acara diisi dengan murojaah bersama, kisah sukses menghafal, serta game tentang Pemahaman Al Qur’an secara kelompok dan individu. Muroja’ah bersama dibagi perkelompok sesuai dengan juz yang dihafal.

Acara yang sangat memotivasi adalah kisah sukses menghafal oleh tiga peserta. Pertama disampaikan oleh Runi Hidayati, seorang ASN pengajar SMA berusia 55 tahun dan sudah mempunyai cucu. Ia bergabung BQS sekitar 6 bulan dan sudah hafal 2 Juz. Motivasinya menghafal adalah ingin berteman dengan Alquran sehingga menjadi bestie ketika di alam kubur. Tips menghafal baginya adalah menghafal dengan satu mushaf Alquran, mengetahui artinya sebelum menghafal dan rutin menghafal 1 ayat sebelum Maghrib.

Kisah sukses kedua disampaikan oleh Silfi, seorang remaja yang sedang kuliah di IAIN Kudus semester 5. Ia bergabung di BQS selama 3 tahun dan sudah hafal 6 juz. Motivasi ikut BQS adalah agar istiqomah dalam menghafal. Tips menghafal dari Silfi adalah dibaca 10 kali. Jika belum hafal dibaca 20 kali. Jika semangat menghafal sedang menurun maka membaca Instagram yang isinya pesan-pesan untuk menghafal dan muroja’ah.

Kisah ketiga datang dari Tri Hidayati, seorang guru SMK di luar kota. Usianya di atas 50 tahun. Bergabung di BQS sekitar satu setengah tahun, dengan hafalan 5 juz.
Tips menghafal dari Tri adalah menghafal dengan satu mushaf, mengerti arti ayat yang akan dihafal, mendengarkan murottal, memanfaatkan perjalanan ke tempat bekerja (sekitar 1 jam) untuk muroja’ah dan menghafal.

Peserta menyambut baik acara tersebut karena meningkatkan motivasi untuk menghafal.

Salimah melalui program BQS berusaha meningkatkan kualitas perempuan, anak dan keluarga Indonesia khususnya terkait dengan pemahaman terhadap Al Qur’an agar bahagia di dunia dan akhirat.