Salimah Tulungagung Ajak Lansia Bahagia di Hari Tua

by -476 Views

Tulungagung (14/1) – Dewan Pertimbangan Salimah Daerah (DPSD) Tulungagung yang diwakilkan Minarsih, mengajak peserta Rihlah Bareng Sekolah Lansia Salimah (Salsa) angkatan kedua berbahagia di usia tua. Untuk mewujudkannya, lansia perlu menjaga pertemanan dan bebas finansial.

“Menjaga pertemanan agar tetap memiliki circle untuk berbagi dan bebas finansial agar tetap mampu mewujudkan sendiri keinginannya tanpa merepotkan anak cucu,” kata perempuan yang akrab dipanggil Mimin ini di teras Masjid Namira Lamongan, Ahad (14/1/2024).

Menurut Mimin, puncak kematangan seseorang seharusnya terbentuk pada usia 40 tahun. Saat itu, dia harus matang baik secara fisik, emosional, serta mapan finansial.

“Jika seseorang sudah selesai semuanya pada usia 40 tahun, maka orang tersebut sudah siap saat memasuki usia 50 tahun. Siap dalam artian tidak banyak alasan untuk berbuat baik,” kata Mimin.

Meskipun saat usia 50 tahun ke atas mulai pelupa dan sensitif, kata Mimin, berbuat baik harus dipaksa.

Stop merasa tidak dibutuhkan, stop merasa tidak dipedulikan. Meskipun profesi kita monoton, boleh jadi itu bentuk kemudahan dari Allah agar kita bisa lebih maksimal beribadah sehingga usia kita berkah,” terangnya.

Jika sudah memasuki usia 60 tahun, Mimin mengingatkan, agar siap jika sewaktu-waktu menghadap Allah. Karenanya, dia mengajak kepada para lansia selalu memanjatkan doa di sujud rekaat terakhir dalam shalat agar diberi akhir khusnul khotimah.

Sementara itu, Ketua PD Salimah Kab. Tulungagung, Lilik Handayani, memberikan apresiasi kepada peserta. Menurut Lilik, Salsa angkatan kedua lebih istimewa karena peserta terdiri dari laki-laki dan perempuan. Berbeda dengan angkatan pertama yang hanya didominasi lansia perempuan.

Ke depan, dia berharap, para lansia tidak berhenti begitu saja meskipun Salsa sudah selesai.

“Insyaallah Salimah akan tetap memfasilitasi para lansia untuk bisa menimba ilmu. Bisa sebulan sekali atau dua kali,” pungkas Lilik.

Rihlah Bareng Salsa ini merupakan kegiatan penutup Salsa angkatan kedua yang akan diiringi dengan wisuda pada akhir Januari. Selanjutnya, akan dibuka kembali kelas Salsa untuk angkatan ketiga yang rencananya dimulai pada Februari mendatang. (fat)