Salimah Aceh Tengah Gelar Tarhib Ramadhan

by -77 Views

Takengon (2/3) – Ramadhan 1445 Hijriyah sudah di depan mata. Ragam cara dilakukan muslim seantero dunia untuk menyambut bulan mulia ini. Tak ketinggalan Pimpinan Daerah (PD) Salimah Aceh Tengah.

Pada Sabtu (2/3), Salimah Aceh Tengah menggelar Tarhib Ramadhan di Masjid Raudhatul Jannah, Blang Kolak I, Takengon, sejak pukul 14.00 WIB.

Acara yang menghadirkan DR. Izzatur Rusuli, Dosen Psikologi Pendidikan IAIN Takengon, sebagai narasumber. 140 muslimah Aceh Tengah menghadiri acara ini, termasuk utusan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Aceh Tengah.

Seperti biasa, setelah acara dibuka oleh moderator, Hefa Lizayanti, S.H., dan tilawah Al-Quran oleh Fauziah, M.Pd., Ketua Salimah Aceh Tengah, Munawarah, S.S., tampil menyampaikan sambutan.

“Sesuai tema, Sucikan Hati Wujudkan Keberkahan Negeri, acara ini kita adakan untuk mengingatkan kembali dan menguatkan pemahaman muslimah Aceh Tengah tentang bagaimana menyiapkan diri memasuki bulan suci Ramadhan, agar kita semua dapat mengarungi bulan suci ini dengan penuh keberkahan,” ujarnya.

Selanjutnya pemateri yang akrab dipanggil Kak Izzah membuka materi dengan menerangkan tarhib dari akar kata sampai makna yang dikandung di dalamnya.

Jadi tarhib Ramadhan berarti menyambut bulan Ramadhan dengan senang dan lapang hati, dengan tangan terbuka, dan dengan penuh kebahagiaan jiwa dan raga,” urainya.

Lebih jauh, Kak Izzah menerangkan tentang keutamaan Ramadhan, 5 (lima) persiapan Ramadhan, dan tujuan puasa Ramadhan secara runut dan gamblang. Selama 1 (satu) jam Kak Izzah menyampaikan materi dan peserta menyimak dengan antusias. Peserta semakin antusias pada sesi diskusi.

Sayangnya, hanya 4 (empat) peserta yang mendapat kesempatan berinteraksi langsung dengan pemateri.

Di akhir acara, panitia membagikan doorprize bagi 5 (lima) peserta yang beruntung. Acara ditutup dengan doa, foto bersama, dan shalat ‘ashar berjamaah.(HLY)