Ribuan Porsi Makanan untuk Korban Banjir dari Salimah Banjarmasin

by

Banjarmasin – Banjir yang terjadi mulai hari Kamis malam tanggal 13 Januari 2021 menggenangi berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Curah hujan yang ekstrim selama 3 hari sebelumnya mengakibatkan volume air naik signifikan dan mulai menggenangi rumah warga di Kota Banjarmasin. Akibatnya, akses jalan banyak yang terputus dan rumah-rumah banyak yang terendam. Banyak warga yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan sebagian masih bertahan di rumahnya.

Dimulai dari 15 Januari, PD Salimah Banjarmasin bergerak membentuk dapur umum. Dapur umum tersebut menggunakan 3 rumah pengurus Salimah Banjarmasin yang tersebar di 3 Kecamatan berkerjasama dengan Alisa Khadijah Banjarmasin, Piyan Food, Pempek Jepang, dan ACT.

Operasional dapur umum ini berasal dari kas Salimah Banjarmasin dan para donatur yang mempercayakan kebaikannya disalurkan melalui ormas salimah yang peduli dengan perempuan, keluarga dan anak di Indonesia.

Sampai dengan hari ketiga (17/1), bantuan yang sudah disalurkan adalah 3.464 bungkus makanan, dengan rincian 15 Januari telah tersalurkan 1.000 bungkus, 16 Januari 1.254 bungkus dan 17 Januari 1.210 bungkus.

Bantuan dibagikan di berbagai daerah sekitar Kota Banjarmasin, seperti Jalan Prona 1, Pekapuran Raya, Sungai Lulut, dst. Distribusi bantuan kepada keluarga yang terdampak banjir di berbagai kecamatan Banjarmasin dan kota tetangga sekitarnya, dilakukan melalui para relawan dan berkerjasama dengan berbagai pihak.

Di beberapa tempat pendistribusian, air bahkan telah mencapai paha orang dewasa. Tanpa lelah relawan tetap berikhtiar untuk menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara kita yang terdampak banjir.

“Kami dari PD Salimah Banjarmasin bertekad untuk terus mengadakan dapur umum dan membuka donasi dalam bentuk apapun selama banjir ini melanda sehingga bisa membantu antar sesama khususnya para korban bencana banjir ini.” Ujar Rimalia, Ketua PD Salimah Kota Banjarmasin.