Motivasi Quran RQS Gorontalo, Inilah Tanda Hati Yang Merindu dan Dirindukan Quran

by

Gorontalo-Jumat (5/3), Rumah Quran Persaudaraan Muslimah (RQS) Provinsi Gorontalo kembali menyelenggarakan kegiatan motivasi Quran bagi peserta kelas Tahsin Quran Batch 3. Majelis yang sudah diagendakan sejak pembukaan untuk mempertahankan semangat belajar anggota kelas tahsin ini bertema tanda-tanda hati yang merindu dan dirindukan Quran.

Menghadirkan Ustazah Jumriati, S.Pd., Al Hafizdoh sebagai pemberi motivasi, kegiatan dihadiri oleh sekitar 300 peserta.

Dalam paparannya Ustazah Jum, demikian sapaan beliau mengulas 3 kondisi hati menurut Imam Ghozali. “Yang pertama adalah Qolbun Salim, hati yang selamat”. Ibu dua anak ini selanjutnya menjelaskan Qolbun Salim adalah hati yang bahagia, salah satu indikasinya adalah rindu Quran. “Entah ingin tilawah, memperbaiki bacaan tahsin, tadabbur, atau menambah hapalan. Jika tanda-tanda ini ada, artinya hati kita sedang baik-baik saja” ujarnya.

Masih menurut Imam Ghozali, kondisi hati kedua dan ketiga adalah hati yang sakit dan hati yang mati. Alumni Mukhoyyam Quran Nasional (MQN) ini lebih lanjut menguraikan bahwa hati yang sakit adalah hati yang diisi oleh iri, dengki, kemunafikan dan berbagai penyakit hati lainnya. Sedangkan hati yang mati adalah hati yang durhaka kepada Allah.

“Akan ada alarm khusus jika jiwa kita merindu Quran. Tanda yang muncul bisa berupa berupa sakit kepala, punggung atau gejala fisik lainnya. Sambutlah rasa tidak enak itu dengan Quran” tegas alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo ini penuh semangat.

Mengutip surat Ar Rahman ayat 1-3 Ustazah Jum mengingatkan tentang Maha Pengasihnya Allah ditandai dengan mengajarkan Quran kepada manusia. Berikutnya beliau mengutip Surah Yunus ayat 58 yang menjelaskan tentang Al Qur’an sebagai rahmat Allah, yang dengan itu manusia akan bergembira melebihi apapun yang bisa dikumpulkan selama di dunia. “Silahkan evaluasi, apakah kebersamaan kita dengan Quran sebahagia saat kita beroleh kenikmatan dunia”, jelas Ustazah yang pernah menjadi pengelola RQS Gorontalo ini sebelum menutup penjelasannya.

Kegiatan motivasi Quran yang dimulai pukul 19.30 WITA menggunakan zoom meeting ditutup pukul 20.40 oleh moderator Ustazah Indah, salah satu anggota tim manajemen RQS Gorontalo.