Konseling Ibu (Bagian 3)

by -36 Views

Self Love
(Self Love, Love Your Robb)

Penulis : Ummi Khairiah, M. Psi, Psikolog
Dept Pendidikan dan Pelatihan PW Salimah Sumut

Self love akan melahirkan kecintaan pada Allah swt. Jika Allah swt sdh mencintai, maka hidup di dunia akan selalu dalam perlindunganNya.

Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa kecewa. Kekecewaan ini akan menyebabkan perasaan tidak nyaman, tidak berguna, tidak sempurna hingga merasa diri tidak berharga (feeling worthless).

Kondisi ini bisa disembuhkan dengan mudah oleh seseorang yang mencintai dirinya. Orang yang mencintai dirinya selalu menampakkan sikap sabar dan syukur. Karena ia tidak akan merusak dirinya dengan berlarut dalam kekecewaan. Ia segera bangkit dan menjadikan dirinya lebih baik.

Self Love tidak sama dengan Narsisme (kekaguman yang sangat tinggi terhadap diri sendiri). Justru self love akan menghindari narsisme, karena narsisme akan merusak diri sendiri.

Cara mudah menumbuhkan self love.
a. Mensyukuri nikmat hidup yg dimiliki saat ini dengan rajin beribadah.
b. Rajin belajar keterampilan diri seperti kursus, pengajian, kelas kepribadian dan lainnya.
c. Menjaga apa saja yang dimiliki saat ini dengan rajin bersih diri, memakai pakaian yang layak, rajin senyum, melapangkan hati, banyak berbuat kebaikan dan jauhi situasi yang merusak konsep diri seperti bergosip dan berfoya-foya (berlebihan dalam bersenang diri).