Konseling Pernikahan (Bagian 2)

by -40 Views

Usia Pernikaham di atas 5 Tahun
Peralatan Dapur Lebih Cling Dibandingkan Pemiliknya

Penulis: Ummi Khairiah, M. Psi, Psikolog
Dept Pendidikan dan Pelatihan PW Salimah Sumut

Menjalani rutinitas mengurus rumah, anak, pekerjaan dan sebagainya sudah biasa dilakoni bagi pasutri 5 tahunan.

Rutinitas ini sudah menjadi kebiasaan yang terbentuk secara alami. Jam bangun, jam kerja, jam masak dan seterusnya sudah ada settingannya. Karena kita berjalan pada settingan terkadang kita lupa memperhatikan kebutuhan diluar settingan itu. Seperti hal- hal yang dulu kita lakukan sebelum menikah. Sesuatu yang dibutuhkan dan menyenangkan diri kita, membuat kita terlihat menarik dan berharga.

Karena rutinitas rumah tangga, kita melupakannya, hal apakah itu?
Mengurus diri kita, yaa… diri kita yang tanpa disadari sudah kurang indah dilihat karena rambut selalu lepek, wajah kusam dan berflek, tubuh tidak ideal, gigi yang bermentega, mata yang menguning, pakaian yang tidak rapi dan lain sebagainya.

Hingga muncullah istilah “peralatan dapur lebih cling” dibanding pemiliknya.

Bagaimana kita menjaga kenyamanan hubungan rumah tangga, jika diri kita sudah tidak nyaman. Bukankah kita harus selamat dulu baru bisa menyelamatkan yang lain?.

Menjaga kenyamanan diri sangat baik untuk berfikir positif, menerima situasi tidak terduga, menjalani tekanan dan menjaga mood.

Menjaga kenyamanan diri tidak harus mahal loo. Cukup dengan rajin mandi, sikat gigi sebelum tidur, bersih rambut dan sisir rambut, pakai pelembab kulit, pakai pakaian bersih, dan lain nya. Walaupun aktifitas dirumah saja. Terutama di depan suami, berpenampilanlah sebaik mungkin.