Konseling Pra Nikah (Bagian 3)

by -68 Views

Antrian Audisi

Penulis: Ummi Khairiah, M.Psi, Psikolog
Dept Pendidikan dan Pelatihan PW Salimah Sumut

Ibarat sebuah audisi yang dilakukan untuk memilih seorang pemenang, seperti itulah kira-kira penentuan layak atau tidaknya diri kita untuk menemui takdir pernikahan.

Sebelum audisi, seseorang akan mempersiapkan dirinya dengan baik. Apa yang menjadi penilaian akan di asah. Semakin lama waktu senggang, akan semakin terbiasa dan terampil. Tiada hari tanpa berlatih, begitulah sejatinya mental PEMENANG.

Apa saja yang perlu diasah agar kita menjadi pemenang (layak menikah)?

  1. Keterampilan mengurus diri. Walaupun kita sewaktu lajang memiliki asisten, mampu mengurus kebutuhan pribadi secara benar sangat dibutuhkan. Mampu bersih diri, rapi diri, dan jaga diri sangat penting jika sudah menikah.
  2. Keterampilan mengurus lingkungan terdekat. Seperti diri kita, lingkungan terdekat juga perlu dibuat nyaman. Kalaupun ada yg membantu, diri kita tetaplah sebagai konseptornya. Paling utama, kamar dan tempat tidur wajib nyaman ketika sudah menikah.
  3. Keterampilan mengurus pasangan. Mau tidak mau, saat memiliki pasangan maka dirinya adalah bagian penting dalam hidup kita, itulah arti berpasangan. Apa yang menjadi kebutuhannya, menjadi penting. Jika ia membutuhkan makanan rumahan belajarlah memasak, jika ia membutuhkan seorang perawat belajarlah menjaga orang sakit, jika ia membutuhkan teman curhat belajarlah mendengarkan, jika ia membutuhkan seorang kekasih belajarlah bercinta, dan lain sebagainya
    Poin ketiga ini butuh proses untuk dipelajari, biasanya learning by doing. Namun setidaknya untuk pengetahuan dasar wajib di miliki.

Keterampilan inilah yang akan menjaga kita agar tetap berprestasi (selamanya jadi pemenang).