Salimah dan BKKBN Kalbar Laksanakan Edukasi Pernikahan

by -32 Views

Pontianak (13/02) – Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW Salimah) Kalimantan Barat sukses menggelar Webinar bertajuk “Mencintaimu Hingga Akhir Hayat”. Acara diselenggarakan bekerjasama dengan BKKBN Prov Kalbar pada hari Minggu (13/02) secara virtual melalui aplikasi zoom.

Webinar yang diikuti ratusan peserta mulai dari pengurus wilayah Salimah Kalbar, perwakilan BKKBN provinsi Kalbar, beberapa organisasi perempuan di Kalbar, hingga masyarakat umum dari berbagai daerah di Indonesia ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube PW Salimah Kalbar.

Acara dibuka oleh Ketua PW Salimah Kalbar, Dwi Nugraheni.

“Diharapkan dengan adanya webinar ini dapat menjadikan setiap dari kita sebagai pelaku utama dalam membangun mahligai rumah tangga yang bahagia serta senantiasa bijaksana dalam menghadapi berbagai cobaan rumah tangga yang datang menerpa.” ujar Heni.

Selain itu, webinar ini juga menghadirkan ustadz Salim A.Fillah sebagai narasumber utama serta keynote speech yang disampaikan oleh Kepala BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo.

Dalam sambutannya, Hasto menyampaikan beberapa data penting terkait isu rumah tangga. Di antaranya, tingginya angka perceraian di Indonesia serta usia memulai rumah tangga yang belum matang.

“Indonesia Darurat Perceraian, dimana angka pernikahan mencapai 2 juta per tahun, lalu angka perceraiannya mencapai 600 ribu kasus yang 70% gugatan cerai diajukan oleh pihak perempuan,” terang Hasto.

Dijelaskan, tingginya angka perceraian tersebut memunculkan berbagai permasalahan lain dalam rumah tangga.

Terkait hal tersebut, Ustadz Salim A. Fillah menjelaskan bahwa menjaga komitmen antara suami dan istri ketika sudah menikah menjadi hal wajib yang dijunjung tinggi.

“Membangun cinta adalah kerja keras kedua belah pihak dalam memelihara rasa cinta dan membuat keluarga yang sakinah, mawaddah, warrahmah. Pernikahan adalah perjanjian besar serta komitmen luar biasa yang ditanggung hingga akhir hayat. Semoga menjadi pengingat pula untuk selalu belajar dan mencari ilmu  dalam mengharmoniskan rumah tangga menuju sakinah, mawaddah, warahmah.” jelasnya.

Webinar ini juga sekaligus menjadi momen peluncuran salah satu program Departemen Pendidikan dan Pelatihan Salimah Kalbar, yaitu SERASI (Sekolah Pranikah Salimah Indonesia) yang berisi pembekalan menuju jenjang pernikahan.