Salimah Buleleng Edukasi Budaya Halal Jelang Ramadan

by -27 Views

Menyambut bulan suci Ramadan, Salimah Buleleng mengadakan kegiatan SABILA (Salimah Berbagi Ilmu) yang mengangkat tema Songsong Bulan Ramadan dengan Menggapai Berkah Ramadan dengan Budaya Hidup Halal.

Kegiatan yang bertempat di BD Bukit Sari Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, Bali dihadiri oleh 53 orang dari Majelis Taklim Ar Rohmah, Jumat (11/3/2022).

Ketua Yakesma Buleleng Gunawan Wibisono S. Farm., yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan siap mendukung kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya berharap, acara ini bisa menambah keilmuan, terutama dalam menyongsong datangnya bulan Ramadan,” ujar Gunawan.

Sementara itu, narasumber Irina Yuniarti, A.Md. Keb. menjelaskan tentang konsepsi makanan halal yang terdapat dalam al-Qur’an surah Al Maidah ayat 88.

“Kriteria makanan halal yaitu halal dari zatnya, halal dari cara memperolehnya, cara memprosesnya, juga disajikan dan disimpan dengan cara yang halal,” ungkap Irina Yuniarti.

Selain itu, ia juga menyampaikan hikmah dan manfaat mengonsumsi makanan halal.

“Dengan mengonsumsi makanan halal, kita mendapat ridho Allah, terjaga kesehatan jasmani dan terbentuk akhlakul karimah,” tambah Irina.

Di akhir pembahasannya, Irina juga menyampaikan 5 kunci keamanan pangan keluarga yang dianjurkan oleh Badan POM, yaitu sebagai berikut.

  1. Beli Pangan yang Aman
  2. Simpan Pangan Secara aman
  3. Siapkan Pangan secara Seksama
  4. Sajikan Pangan Secara Aman
  5. Bersih selalu

Antusiasme peserta sangat terasa ketika tanya jawab. Banyak ibu yang bertanya mengenai keamanan pangan dan juga budaya halal.

Tak terasa, waktu Ashar tiba dan kegiatan harus disudahi. Para ibu yang hadir senang karena mendapat bekal ilmu untuk menjalani Ramadan dengan budaya halal.[ind/ir]